Genangan Air jadi Kendala Bagi Warga Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 17 November 2022
0 dilihat
Genangan Air jadi Kendala Bagi Warga Muna Barat
Pemerintah Desa Lombu Jaya mengapresiasi respon cepat yang dilakukan pemerintah daerah dalam menanggapi keluhan genangan air. Foto: Ist.

" Keluhan akibat genangan air pada masyarakat Desa Lombu Jaya, Kecamatan Sawerigadi, Kabupaten Muna Barat menjadi perhatian penuh bagi pemerintah daerah "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Keluhan akibat genangan air pada masyarakat Desa Lombu Jaya, Kecamatan Sawerigadi, Kabupaten Muna Barat menjadi perhatian penuh bagi pemerintah daerah.

Genangan air yang selalu melanda desa tersebut, menjadi kendala besar bagi warga. Pasalnya sejak terbentuknya Desa Lombu Jaya, tiap kali musim penghujan, desa tersebut tergenang oleh air.

Salah satu warga yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, genangan air selama musim penghujan di desanya menjadi hal yang sangat biasa, namun tetap berdampak pada para petani.

Baca Juga: Fasilitas Umum Tak Terpelihara, Pemkab Muna Barat Edukasi Masyarakat

"Bukan hanya gagal panen, tetapi gagal tanam juga, aktivitas sekolah dan juga pemerintahan menjadi terganggu," ungkapnya, Kamis (17/11/2022).

Menanggapi hal itu, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), berinisiatif mencarikan solusi terhadap genangan air yang sering terjadi di Desa Lombu Jaya.

"Nanti dibuatkan kanal saluran yang terhubung dengan sungai kecil di sekitarnya untuk keluarkan air yang menggenang itu," ucap Bahri.

Atas tindakan cepat yang diambil oleh pemerintah daerah, maka Kepala Desa Lombu Jaya, Andi Yusuf memberi apresiasi kepada pemerintah yang telah merespon keluhan masyarakatnya.

Baca Juga: Nusa Tenggara Timur Terus Alami Inflasi, Ini Saran Mendagri

"Masyarakat senang dengan perbaikan saluran air, pemerintah cepat respon," ujar Andi Yusuf.

Ia menyebut, keluhan tersebut memang telah disampaikan beberapa kali sejak terbentuknya Desa Lombu Jaya, namun baru terjawab, sebab aktivitas di desa itu lumpuh total akibat genangan air di musim penghujan, terlebih pada aktivitas pertanian.

"Mereka tidak bisa manfaatkan lahan pertanian, karena tergenang air, maka masyarakat sangat berterima kasih kepada pemerintah," tutupnya. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga