Gubernur Jawa Timur Minta Indonesia Kirim Bantuan Darah ke Palestina

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Jumat, 20 Oktober 2023
0 dilihat
Gubernur Jawa Timur Minta Indonesia Kirim Bantuan Darah ke Palestina
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa yang terjadi di Palestina bukan persoalan antar agama, tetapi lebih kepada persoalan kemanusiaan. Foto: Ist.

" Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengusulkan agar PMI Jawa Timur memberikan rekomendasi kepada PMI pusat untuk memberikan bantuan donasi darah untuk korban tragedi kemanusiaan di Palestina "

SURABAYA, TELISIK.ID - Banyaknya korban jiwa di Palestina akibat serangan zionis Israel, mengundang keprihatinan dari dunia. Dari Jawa Timur misalnya. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengusulkan dengan membawa misi kemanusiaan.

Dia  mengusulkan agar PMI Jawa Timur memberikan rekomendasi kepada PMI pusat untuk dapat memberikan bantuan berupa donasi darah untuk korban tragedi kemanusiaan yang tengah terjadi di Palestina.

Ia menyebut hal tersebut bisa dilakukan tentu dengan diplomasi dan teknis pengiriman donasi darah yang dipastikan bisa sampai di Palestina dengan aman dan tidak rusak.

"Mungkin ada gerakan lebih masif rekomendasi dari PMI Jawa Timur kepada PMI nasional kemudian PMI Indonesia kepada Palang Merah dunia sama-sama kita memberikan support donor darah untuk saudara-saudara kita di Palestina," ujarnya, Jumat (20/10/2023).

Baca Juga: Warga Kendari Seruhkan Khilafah Solusi Konflik Palestina

Gubernur Khofifah mengatakan bahwa yang terjadi di Palestina bukan persoalan antar agama tetapi lebih kepada persoalan kemanusiaan. Oleh sebab itu ia berharap usulan yang ia sampaikan bisa ditindaklanjuti sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Palestina terlebih ada rumah sakit Indonesia yang berdiri di sana.

"Dengan berbagai macam ikhtiar dan tentu diplomasi tertentu, ada format-format yang secara teknologi dimungkinkan untuk bisa memastikan bahwa darah yang didonasikan itu aman sampai di tempat tujuan," katanya.

Baca Juga: Update Perang Hamas Vs Israel, Korban Palestina Dua Kali Lipat

Presiden Joko Widodo menyatakan, Indonesia mengutuk serangan Israel terhadap rumah sakit Al Ahli, di Gaza awal pekan ini. Ia menyebut, RI mengecam tindak kekerasan yang terjadi di Gaza karena mengakibatkan penderitaan terhadap rakyat sipil termasuk perempuan dan anak-anak.

“Indonesia tidak akan tinggal diam melihat korban sipil terus berjatuhan, melihat ketidakadilan terhadap rakyat Palestina yang terus terjadi,” kata Jokowi dalam keterangan pers di Riyadh, Arab Saudi. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga