Gubernur Lantik Plh Bupati Konkep, Butur dan Koltim

Siswanto Azis, telisik indonesia
Selasa, 16 Februari 2021
0 dilihat
Gubernur Lantik Plh Bupati Konkep, Butur dan Koltim
Suasana pelantikan tiga Plh Bupati oleh Gubernur Ali Mazi. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Jangan sampai Plh tiba di tempat masing-masing melantik OPD di daerah. Itu tidak boleh dilalukan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Tiga sekretaris daerah (Sekda) kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yakni Sekda Konawe Kepulauan (Konkep), Buton Utara (Butur), dan Kolaka Timur (Koltim), berganti jabatan menjadi Pelaksana Harian (Plh) bupati.

Pergantian tersebut ditandai dengan penyerahan Surat Gubernur Sultra tentang penunjukan Sekda Kabupaten Konkep, Butur, dan Koltim menjadi Pelaksana Harian Bupati (Plh) yang digelar di Aula Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra, Selasa (16/2/2021).

Gubernur Sultra, Ali Mazi menuturkan, tiga kabupaten tersebut merupakan daerah yang ikut terlibat dalam Pilkada 2021 sehingga terjadi kekosongan jabatan bupati.

"Untuk menghindari kekosongan pemerintahan maka ke tiga Sekda saya tunjuk menjadi Plh Bupati," ujarnya dalam sambutan.

Penunjukan tersebut merupakan aturan pemerintah pusat yang massa jabatannya akan berakhir sampai Presiden RI melantik bupati definitif di tiga daerah Pilkada 2021 tersebut.

Baca juga: Demo Eksploitasi Mangrove Berlanjut, DPRD akan Panggil Dinas Terkait

Terkait tugas dan tanggungjawab, kata Ali Mazi, ketiganya memiliki tugas yang sangat terbatas. Menurutnya, Plh tidak berhak melakukan tindakan strategis yang berdampak pada status kepegawaian seseorang. Sebab, itu hanya bisa dilakukan oleh bupati definitif.

"Jangan sampai Plh tiba di tempat masing-masing melantik OPD di daerah. Itu tidak boleh dilalukan," jelasnya.

Seluruh Plh yang telah ditunjuk wajib melaporkan segala pekerjaan mereka selama menjabat kepada Gubernur Sultra di kemudian hari.

Ali Mazi juga berpesan agar Plh yang ditunjuk dapat meningkatkan disiplin, daya guna dan kinerja ASN di daerah masing-masing serta memelihara hubungan yang harmonis antara instansi pemerintahan demi kelancaran tugas.

Untuk diketahui, ke tiga sekda yang ditunjuk menjadi Plh Bupati yakni Sekda Konawe Kepulauan, Ir Cecep Trisnajaya, Buton Utara, Yuni Nurmalawati, dan Kolaka Timur, Eko Santoso Budiarto. (B)

Reporter: Kardin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga