Halte di Kendari Tak Berfungsi dan Rusak

Kardin, telisik indonesia
Selasa, 10 November 2020
0 dilihat
Halte di Kendari Tak Berfungsi dan Rusak
Salah satu halte yang berada di Pelataran Tugu Religi Sultra. Foto: Kardin/Telisik

" Itu kan hanya stimulan saja. Misalnya, kalau ada seorang politisi mau pasang di situ baliho, silahkan. Kita yang tetapkan lokasinya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Banyaknya halte di Kendari menunjukkan sebagai kota yang tengah berkembang.

Namun, halte yang tersebar di sepanjang spot-spot yang dianggap strategis itu justru tak berfungsi dan dibiarkan begitu saja setelah pembangunan halte tersebut selesai.

Seperti yang dapat dilihat pada keberadaan salah satu halte di area Tugu Religi Sultra, yang tak terpakai dan nampak mengalami kerusakan.

Hal itupun diakui oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra, Hado Hasina. Kata dia, tak berfungsinya halte yang ada ditengarai tak adanya terminal angkutan umum.

Meski demikian, tambah Hado, halte yang tersebar di Kota Kendari itu merupakan stimulan dan dapat digunakan oleh pihak ke tiga.

Baca juga: BMKG Sebut Peningkatan Hujan Terjadi Saat Siang dan Sore Hari

"Itu kan hanya stimulan saja. Misalnya, kalau ada seorang politisi mau pasang di situ baliho, silahkan. Kita yang tetapkan lokasinya," jelasnya, Selasa (10/11/2020).

Kegunaan halte sendiri, lanjut dia, agar kendaraan Damri tidak berhenti di sembarang tempat. Hanya saja, belum berfungsinya halter tersebut dikarenakan belum adanya terminal.

"Terminal Puuwatu saja kan baru akan selesai di tahun 2021. Di situ kan ada juga halte," ujarnya.

Namun, ia mengakui di Kendari sendiri hanya ada enam buah halte yang dimiliki oleh Pemprov, selebihnya adalah kepunyaan Dishub Kota Kendari.

"Kalau yang di sepanjang By Pass itu bukan milik kami. Pemprov hanya punya enam saja," tutupnya. (B)

Reporter: Kardin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga