BMKG Sebut Peningkatan Hujan Terjadi Saat Siang dan Sore Hari

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Selasa, 10 November 2020
0 dilihat
BMKG Sebut Peningkatan Hujan Terjadi Saat Siang dan Sore Hari
Ilustrasi Peningkatan Hujan Foto: Repro Kompas.com

" Peningkatan hujan ini diakibatkan oleh kelembaban udara pada lapisan rendah di atas 70 persen dan faktor konvektif skala lokal. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kondisi hujan saat ini tak hanya mengguyur wilayah Kota Kendari, namun juga di beberapa wilayah di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Badan Meteorologi Maritim dan Geofisika BMKG Kendari, Faizal Habibi mengungkapkan, adanya peningkatan hujan pada siang dan sore hari untuk wilayah di timur Sultra, termaksud Kota Kendari.

"Peningkatan hujan ini diakibatkan oleh kelembaban udara pada lapisan rendah di atas 70 persen dan faktor konvektif skala lokal," ungkap Faizal saat di chat melalui whatsapp-nya, Selasa (10/11/2020)

Kemudian ia melanjutkan, hujan dengan intensitas ringan sampai sedang diprediksi akan terjadi pada siang dan sore hari.

Baca juga: Masyarakat Diminta Akurasi Data Diri di KTP

Hal itu, tambah dia, berdasarkan pantauan radar cuaca dan dinamika atmosfer yang menunjukkan telah terjadinya peningkatan pembentukan awan hujan di sekitar wilayah timur Sultra.

"Peningkatan hujan itu mencakup wilayah Konawe Kepulauan, Konawe Selatan, Konawe, Kolaka, Kolaka Utara, Buton Utara, Muna, Muna Barat, dan Konawe Utara," ungkap Faizal.

Olehnya itu, BMKG Kendari menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati akibat peningkatan hujan ini.

Sebab hujan tersebut, berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, guntur, angin kencang bahkan puting beliung. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga