Harga Cabai dan Bawang di Pasar Tradisional Kota Kendari Hari Ini Masih Mahal

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 26 Juli 2022
0 dilihat
Harga Cabai dan Bawang di Pasar Tradisional Kota Kendari Hari Ini Masih Mahal
Harga bawang merah di beberapa pasar tradisional Kota Kendari, terpantau naik hingga tembus Rp 80.000 per kg. Foto: Nurdian Pratiwi/Telisik

" Harga Cabai dan bawang merah di beberapa pasar tradisional Kota Kendari hari ini terbilang masih mahal "

KENDARI, TELISIK.ID - Harga Cabai dan bawang merah di beberapa pasar tradisional Kota Kendari hari ini terbilang masih mahal. Khususnya bawang merah yang kini tembus hingga Rp 80.000 per kilogram.

Padahal harga normalnya berkisar Rp 30.000 per kilogram. Dengan harga yang merangkak naik ini, para pembeli pun mengeluh.

“Dua hari yang lalu saya ke Pasar Muara dekat rumah, dan bawang merah itu naik sampai Rp 80.000, kan tidak masuk akal,” kata ibu rumah tangga, Sartina, Selasa (26/7/2022).

Selain di Pasar Muara, Sartina juga menyebut bahwa harga bawang di Pasar Korem hari ini hanya beda tipis yakni Rp 70.000-Rp 75.000 per kilogramnya.

“Belum selesai masalah harga cabai, sekarang bawang lagi yang naik,” tambah Sartina.

Baca Juga: Begini Cara Memilih Asuransi yang Tepat untuk Pemula

Sementara itu, salah seorang pedagang Pasar Mandonga, Sari mengatakan, harga bawang merangkak naik saat menjelang Idul Adha hingga hari ini.

Ia juga menyebut bahwa harga bawang merah saat ini jauh lebih mahal dari harga saat Idul Fitri.

Menurut Sari, tingginya harga bawang saat ini karena pasokan dari daerah penghasil dari luar Kota Kendari, yang belum normal. Terlebih cuaca yang hingga hari ini belum sepenuhnya baik.

“Karena belinya jauh juga, dan ada ongkos kirim sehingga harganya jadi mahal,” katanya.

Berbeda dengan bawang merah yang merangkak naik, harga komoditas cabai mulai mengalami penurunan.

Baca Juga: Mengenal Ekonomi Kreatif, Bidang Usaha yang Cocok untuk Anak Muda

Seorang pedagang lainnya, Joha menyebut, meski masih terbilang mahal, namun harga cabai khususnya cabai rawit merah yang sempat mencapai Rp 90.000 per kilo, kini merangkak turun Rp 65.000 per kilogram.

Menurut data dari Disperindag Provinsi Sulawesi Tenggara, harga cabai merah keriting saat ini dibanderol Rp 55.000 per kg, harga cabai rawit merah Rp 60.000 per kg, cabai merah besar Rp 70.000 per kg, dan cabai rawit hijau dibanderol Rp 30.000 per kg.

Sementara itu, harga bawang merah naik menjadi Rp 70.000 per kg, sedangkan bawang putih kating Rp 40.000 per kg, bawang putih honan Rp 40.000 per kg dan dan bawang bombai Rp 30.000 per kg. (A)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga