adplus-dvertising

Harga Mi Instan Segera Naik 3 Kali Lipat, Ini Sebabnya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 09 Agustus 2022
568 dilihat
Harga Mi Instan Segera Naik 3 Kali Lipat, Ini Sebabnya
Mi instan menjadi makanan siap saji yang banyak digemari masyarakat. Foto: Repro google.com

" Ketergantungan impor komoditas yang dihasilkan oleh negara yang berkonflik bakal membuat kenaikan harga produk di dalam negeri "

JAKARTA TELISIK.ID - Perang Rusia-Ukraina memberikan dampak di berbagai sektor, termasuk pada rantai pasok makanan global seperti gandum. Akibatnya, harga mi instan bakal naik tiga kali lipat.

Ketergantungan impor komoditas yang dihasilkan oleh negara yang berkonflik bakal membuat kenaikan harga produk di dalam negeri.

Salah satunya adalah pasokan gandum Ukraina yang digunakan sebagai bahan baku mi instan mengalami masalah. Di mana tercatat 180 juta ton gandum di Ukraina tidak bisa ke luar negera gegara perang tersebut.


"Jadi hati-hati yang makan mi banyak dari gandum, besok harganya 3 kali lipat itu," ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dikutip dari Okezone.com, Selasa (9/8/2022).

Menurut Syahrul, ini bukan tantangan yang kecil, sehingga pemerintah daerah perlu menguatkan produktivitas pertanian sehingga dampak yang bakal dialami dari adanya konflik global tidak terlalu parah.

Baca Juga: Jokowi Minta Kasus Brigadir J Segera Tuntas, Agar Citra Polisi Tidak Babak Belur

Baca Juga: Bukan Irjen Ferdy Sambo, Ternyata Ini Suami Sah Polwan Cantik AKP Rita Yuliana

Diketahui, dikutip dari tvonenews.tv, Rusia dan Ukraina merupakan negara penghasil gandum terbesar dunia, dan menyuplai sekitar 30% hingga 40?ri kebutuhan gandum dunia. 

Dengan situasi perang saat ini, gandum menjadi langka karena pasokan terhambat. Sementara gandum adalah salah satu bahan baku mi instan.

Walhasil, kenaikan harga gandum di pasar internasional otomatis ikut mengerek harga mi instan di dalam negeri. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga