Harga Mulai Naik, Produksi Kopra di Wakatobi Meningkat

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Selasa, 15 Februari 2022
0 dilihat
Harga Mulai Naik, Produksi Kopra di Wakatobi Meningkat
Kopra di Wakatobi yang siap dikirimkan. Foto: Boy Candra Ferniawan/Telisik

" Kopra ini nantinya dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan minyak kelapa "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Kabupaten Wakatobi merupakan daerah yang sebagaian besar masyarakatnya bertempat di pesisir. Maka tak heran buah kelapa menjadi pilihan komoditi yang menguntungkan terlebih harganya yang mulai naik kisaran Rp 9000.  

Kenaikan harga tersebut meningkatkan jumlah produksi kopra di Wakatobi, Hal itu seiring meningkatnya produksi petani kelapa dalam beberapa bulan terakhir.

“Harga kopra sekarang kisaran Rp 9000 per kilogram, tentunya menguntungkan dibandingkan tahun-tahuan sebelumnya,” ungkap Mansur selaku petani kopra, Selasa (15/2/2022).

Keuntungan tersebut tidak hanya dirasakan petani, namun juga para pengepul kopra, Seperti tempat produksi kopra di Manugela Kecamatan Wangi-Wangi, kopra yang dapat diisi oleh para pengepul bisa mencapai berton-ton perharinya.

“Untuk proses pengisian per karung kita biasanya dapat Rp 10.000, kemarin kita muat 95 karung dalam truk angkutan yang akan dibawa ke kota Baubau,” ungkap petani kopra lainnya, La Bee.

Baca Juga: Pedagang di Wakatobi Dilema Turunkan Harga Minyak Goreng, Ini sebabnya

Dirinya menjelaskan, kebanyakan kopra yang diproduksi merupakan kopra hitam atau asap, yang mana kopra-kopra tersebut didatangkan dari beberapa wilayah di Wakatobi.

Baca Juga: Warga Wandoke Mubar Demo, Tuntut Transparansi Dana Desa

“Kebanyakan kalau di sini dari Pulau Tomia tepatnya di Runduma sebagian lagi di Pulau Wangi-Wangi. Kebanyakan di sini memang kopra asap yang tiap harinya didatangkan kemudian menunggu kering hingga beberapa hari untuk diisi ke dalam karung, karena bila tidak, kopra yang mentah akan busuk,” urainya.

Diketahui, kopra memeiliki 2 jenis yaitu kopra putih dan hitam (yang diasapi), yang mana kopra putih akan dijemur di terik matahari selama 2-3 hari, sedangkan kopra hitam akan melalaui proses pemanggangan atau pengasapan.

Kopra ini nantinya dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan minyak kelapa. Minyak kelapa inilah yang nantinya dijadikan produk kosmetik, makanan dan obat-obatan. (B)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Kardin

Baca Juga