Warga Wandoke Mubar Demo, Tuntut Transparansi Dana Desa

Amsir, telisik indonesia
Selasa, 15 Februari 2022
0 dilihat
Warga Wandoke Mubar Demo, Tuntut Transparansi Dana Desa
Masyarakat Desa Wandoke saat demo di depan kantor Bupati Muna Barat. Foto: Amsir/Telisik

" Simpang siuran pengguna dana desa yang terjadi di tengah masyarakat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Puluhan aliansi masyarakat bersatu warga Desa Wandoke, Kecamatan Tiworo Kepulauan, Kabupaten Muna Barat mengelar aksi di kantor bupati, mereka protes Kepala Desa Wandoke, Selasa, (15/2/2022).

Kordinator aksi, La Ode Muntu mengungkapkan, aksi tersebut digelar sebagai wujut kekecewaan masyarakat atas kurangnya transparansi pemerintahan desa terhadap alokasi anggaran. Pemerintahan desa juga ditunding tidak terbuka memberi rincian penggunaan dana desa.

"Dengan kurangnya transparansi pemerintah desa, dalam hal anggaran belum juga terbitnya laporan," ucap La Ode Muntu.

Ia menuturkan ke simpang siuran pengguna dana desa yang terjadi di tengah masyarakat.

LA Ode Muntu mengatakan, kurangnya transparasi pemerinta desa ini, kemudian berdampak pada keresahan warga Desa Wandoke. Masyarakat menunding jalannya pemerintahan desa yang diduga menyeleweng dana desa.

Baca Juga: Lahan Pasar Wakuru Sempit, Kadis Perdagin Minta Camat Tongkuno Cari Lahan Baru

"Apa bila memang ada penyelewengan tentu harus ditindak lanjuti, warga ingin memiliki pemerinta desa yang bagus. Kami akan terus kawal kasus ini," ucapnya.

Terkait dengan penjabaran dari berbagai item kegiatan tersebut, masyarakat menduka ada indikasi penyalaguanaan dana desa dari pemerintahan desa, kemudian tidak ada transparansi terhadap badan pemberdayaan desa (BPD) maupun masyarakat setempat.

Baca Juga: Wujudkan Pembangunan Tahun 2022, Manggarai Optimalkan Lagi CSR

Pihaknya menilai, ada beberapa paket kegiatan pembanguan desa, dana COVID -19 dan jenis pengadaan lain diduga tidak sesuai di lapangan.

Sementara itu, Kepala Desa Wandoke La Ode Ngkeba mengatakan, tidak ada BPD untuk mengetahui berapa yang masuk di rekening bendahara desa.

"BPD hanya mengetahui mengawal pembanguan yang ada di desa Wandoke", ucap La Ode Ngkeba. (B)

Reporter: Amsir

Editor: Kardin

Baca Juga