Hari Ini, Pasien Sembuh COVID-19 di Sultra Bertambah 117 Orang

Siswanto Azis, telisik indonesia
Kamis, 29 Oktober 2020
0 dilihat
Hari Ini, Pasien Sembuh COVID-19 di Sultra Bertambah 117 Orang
Ilustrasi sembuh COVID-19. Foto: Repro Google

" Orang yang rentan ini di antaranya mereka yang lanjut usia, usia balita, orang yang menderita penyakit kronis dan imunitas yang rendah. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pasien sembuh COVID-19, hari ini, Kamis (29/10/2020), di Sultra bertambah sebanyak 117 orang, sedangkan positif berjumlah 46 kasus.

Pasien yang dinyatakan sembuh hari ini berasal dari Kota Baubau 10 orang, Buton Utara satu orang, Kendari 77 orang, Konawe Kepulauan 14 orang dan Kabupaten Kolaka 15 orang.

Sementara pasien positif COVID-19 hari ini Berasal dari Kota Baubau 13 orang, Kendari 25 orang, Muna tiga orang, Wakatobi dua orang, Kolaka satu orang dan Kabupaten Kolaka Timur dua orang.

“Untuk pasien yang meninggal hari ini Alhamdulillah tidak ada,” kata Jubir Satgas COVID-19 Sultra, dr Laode Wayong Rabiul Awal.

Dengan penambahan kedua kasus tersebut, total yang positif saat ini sebanyak 4.902 kasus dan yang sembuh sebanyak 3.673 orang.

"Untuk pasien yang dinyatakan meninggal dunia akibat terpapar COVID-19 tetap sebanyak 80 orang," kata Dokter Wayong.

Baca juga: SPBU Anduonohu Antrian Kendaraan Mengular

Sedangkan yang berstatus suspek 84 orang, kontak erat 1.117 orang, kasus baru 46 orang dan yang masih menjalani perawatan 1.149 orang.

Untuk itu, Dokter Wayong meminta agar masyarakat taat kepada protokol kesehatan untuk meringankan tugas para dokter dan tenaga medis dalam merawat penderita COVID-19.

"Jangan menambah penderita baru di Sultra, kita akan meringankan tugas mereka dalam merawat penderita COVID-19 bila seluruh masyarakat melaksanakan protokol kesehatan," tegasnya.

Dokter Wayong mengatakan, orang yang sehat memiliki imunitas yang baik tidak akan sakit akibat COVID-19, namun justru menjadi orang tanpa gejala yang menularkannya kepada orang-orang yang rentan.

Karena itu Pemerintah mewajibkan agar setiap orang mengenakan masker selama pandemi COVID-19 ini agar orang-orang yang rentan tidak tertular COVID-19.

"Orang yang rentan ini di antaranya mereka yang lanjut usia, usia balita, orang yang menderita penyakit kronis dan imunitas yang rendah," jelasnya. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga