Hari Libur Maulid Digeser 20 Oktober, Kemenag Sultra: Demi Kemaslahatan Umat

Andi May, telisik indonesia
Minggu, 17 Oktober 2021
0 dilihat
Hari Libur Maulid Digeser 20 Oktober, Kemenag Sultra: Demi Kemaslahatan Umat
Gedung kantor Kementerian Agama Sultra, Foto: Andi May/Telisik

" Hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW resmi dipindahkan ke 20 Oktober 2021, meski Maulid jatuh pada tanggal 19 Oktober 2021. "

KENDARI, TELISIK.ID - Hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW resmi dipindahkan ke 20 Oktober 2021, meski Maulid jatuh pada tanggal 19 Oktober 2021.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Seksi Kemasjidan, Hisab dan Rukyat Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra), Abdul Rauf.

"Perubahan hari libur itu sesuai dengan keputusan bersama tiga menteri, yaitu Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," ujar Rauf saat ditemui Telisik.id di kantor Kemenag Sultra, Minggu (17/10/2021).

Baca juga: 20 Khafilah Sultra Mulai Unjuk Kebolehan di STQ Maluku Utara

Baca juga: Puluhan Tokoh Umat Islam di Sultra Tolak Bahaya Laten Komunisme

Rauf juga menyebutkan alasan bergesernya hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW yakni demi kemaslahatan umat dan mencegah penyebaran virus corona.

"Ini adalah kebijakan di tengah pandemi COVID-19, semata-mata demi kemaslahatan umat, agar menghindari mobilisasi yang tinggi dan pencegahan penularan COVID-19," lanjut Rauf.

Meskipun demikian, Rauf juga mengatakan, pihaknya mengizinkan untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW di lingkungan masyarakat, namun dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.

"Sedangkan untuk perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, kami mengizinkan masyarakat untuk menggelar perayaan, mengingat wilayah Kota Kendari sudah tidak berada pada zona merah," ujar Rauf.

Pihaknya berharap masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan dan berdoa agar di tengah pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW terhindar dari penularan COVID-19. (C)

Reporter: Andi May

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga