Hasil Piala Dunia 2022: Tunisia Tumbangkan Prancis Lewat Gol Tunggal

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 01 Desember 2022
0 dilihat
Hasil Piala Dunia 2022: Tunisia Tumbangkan Prancis Lewat Gol Tunggal
Tunisia berhasil mengalahkan Perancis dengan skor tipis 1-0 lewat gol tunggal sang kapten, Wahbi Khazri pada menit ke-58. Foto: Repro Twitter

" Tunisia berhasil mengalahkan Perancis dengan skor tipis 1-0 lewat gol tunggal sang kapten, Wahbi Khazri pada menit ke-58 "

QATAR, TELISIK.ID - Hasil Tunisia vs Perancis pada babak penyisihan Grup D Piala Dunia 2022 berakhir dengan kejutan.

Tunisia berhasil mengalahkan Perancis dengan skor tipis 1-0 lewat gol tunggal sang kapten, Wahbi Khazri pada menit ke-58.

Awal babak pertama Tunisia langsung bermain agresif hingga tidak memberikan kesempatan Prancis untuk mengembangkan permainan. Tunisia butuh kemenangan untuk menjaga peluang lolos ke laga selanjutnya.

Tunisia berhasil unggul di menit kedelapan saat Nader Ghandri melompat di depan gawang untuk menyontek bola tendangan bebas rekannya. Sayang, gol tersebut dianulir hakim garis karena Ghandri sudah dalam posisi offside saat menerima bola.

Peluang kembali didapatkan Tunisia lewat Jalel Khazri di menit 35 cukup berbahaya. Sang penyerang melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti, namun bola berhasil ditepis oleh Mandanda.

Baca Juga: Kota Kendari Koleksi 67 Emas, 41 Perak dan 46 Perunggu di Porprov

Jual beli serangan terus berlanjut, namun skor 0-0 menutup jalannya pertandingan di babak pertama.

Empat menit usai kick off babak kedua, Khazri benar-benar menghukum pertahanan buruk Prancis. Bermula dari Aissa Laidouni yang sukses merebut bola dari lini tengah dan diteruskan kepada Khazri.

Pemain bernomor punggung 10 itu melakukan aksi individu ciamik untuk menembus kotak penalti Prancis sebelum menyarangkan bola ke pojok kiri gawang Mandanda.

Sesaat kemudian, Khazri ditarik keluar lapangan karena merasakan kesakitan usai mencetak gol. Tertinggal satu gol, Deschamps menurunkan Adrien Rabbiot dan Kylian Mbappe pada menit ke-63 untuk meningkatkan intensitas serangan. Namun, Tunisia yang tampil penuh semangat sulit ditembus Prancis.

Ousmane Dembele yang masuk pada menit ke-79 menjadi warna tersendiri. Winger Barcelona itu mampu menciptakan dua on target yang memaksa kiper Tunisia Aymen Dahmen jatuh-bangun.

Dahmen kembali melakukan penyelamatan gemilang di menit ke-84. Tembakan jarak dekat Mbappe di kotak penalti berhasil diblok dengan baik.

Baca Juga: Bombana Taklukkan Baubau di Final Tenis Meja Ganda Putri Porprov XIV Sulawesi Tenggara

Prancis memaksa Tunisia total bertahan hingga menit-menit akhir. Antoine Griezmann sempat cetak gol di masa injury time namun gol tersebut dianulir karena penyerang Atletico Madrid itu lebih dulu offside.

Hasil ini tak mengubah kedudukan Prancis sebagai juara Grup D dengan enam poin. Namun, Tunisia gagal lolos ke babak 16 besar karena Australia sukses mengalahkan Denmark 1-0. 

Dengan demikian, Australia juga mengemas enam poin dan berhak mendampingi Prancis ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga