Hasil Survei UN Women dan AJI: COVID-19 Tingkatkan Beban Perempuan

Sumarlin, telisik indonesia
Senin, 19 Desember 2022
0 dilihat
Hasil Survei UN Women dan AJI: COVID-19 Tingkatkan Beban Perempuan
Pj Wali Kota Kendari menyerahkan potongan nasi tumpeng pada Ketua Dewan Pembina Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Kendari Siti Chomzah Asmawa dalam upacara peringatan HUT Dharma Wanita ke-23 dan Hari Ibu. Foto: Sumarlin/Telisik

" Perempuan mengambil peran penting dalam memerangi COVID-19 dengan menjadi tenaga kesehatan, ilmuwan/penelliti, dan dapat diandalkan untuk mencegah penyebaran COVID-19 melalui keluarga "

KENDARI, TELISIK.ID - Pandemi COVID-19 yang terjadi dua tahun terakhir berdampak besar pada perempuan. Hal ini terbukti dengan hasil survei yang dilakukan oleh UN Women bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta dan indosat Ooredo.

Survei itu menyebut bahwa, pandemi COVID-19 telah memperparah kerentanan ekonomi perempuan dan ketidaksetaraan gender serta dapat mengancam upaya pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s).

"Di samping itu, ternyata perempuanlah yang mengambil peran pertama bergerak menanggapi bencana COVID-19 sebagai penggerak sosial dengan membuat gerakan gotong royong membangun kesadaran bersama untuk penyediaan makanan, dan alat pelindung diri (masker)," kata Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Darma Wanita Persatuan (DWP) dan peringatan Hari Ibu, di lapangan upacara Kantor Balai Kota Kendari, Senin (19/12/2022).

Asmawa menjelaskan, perempuan bergerak mengatasi kondisi ekonomi di antaranya dengan memproduksi kebutuhan yang meningkat pada saat pandemi, seperti masker, disinfektan dan alat pelindung yang melibatkan banyak orang.

Perempuan juga mengambil peran penting dalam memerangi COVID-19 dengan menjadi tenaga kesehatan, ilmuwan/penelliti, dan dapat diandalkan untuk mencegah penyebaran COVID-19 yakni melalui keluarga.

Baca Juga: Yovie & Nuno Hibur Warga Kota Kendari di Acara Puncak HUT SMAN 4 Kendari

Asmawa juga memberi apresiasi kepada seluruh pengurus DWP Kota Kendari yang telah melaksanakan berbagai lomba, yang mana lomba ini akan memberikan ruang kepada seluruh kaum perempuan untuk berkreasi dan berinovasi terhadap pengembangan diri.

Dharma Wanita Persatuan Kota Kendari telah berhasil meraih juara harapan I kategori lomba SKJ (Senam Kesegaran Jasmani) tingkat nasional dan juara I lomba LPPK E Reporting tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2022.

Sementara itu, menyemarakkan HUT Dharma Wanita ke-23 tingkat Kota Kendari, telah digelar berbagai lomba seperti bola gotong, LPPK E Reporting, lomba merangkai buket bunga dan lomba fashion show yang diikuti oleh seluruh OPD.

Baca Juga: Hadapi Pemilu 2024, Partai Golkar Target Perempuan dan Anak Muda

Ketua Dharma Wanita Persatuan Kecamatan Kadia, Satriani Rudi Hartono mengungkapkan, Dharma Wanita harus eksis dan memberikan kiprah nyata, terutama dalam mendukung program Pj wali kota, Kendari Bergerak.

"Dharma Wanita adalah bagian yang penting dari pembangunan Kota Kendari. Kiprah Dharma Wanita Persatuan (DWP) sudah terbukti dan memberikan andil yang cukup besar terhadap pembangunan Kota Kendari," ujarnya.

Diketahui, dalam lomba yang digelar dalam rangka HUT DW tingkat Kota Kendari, DWP Kecamatan Kadia berhasil meraih juara 1 lomba merangkai buket bunga dan juara 2 lomba bola gotong antar OPD kecamatan. (B)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga