Hewan Ini Bisa Hidup Tanpa Kepala Selama 9 Hari

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 25 Oktober 2022
0 dilihat
Hewan Ini Bisa Hidup Tanpa Kepala Selama 9 Hari
Kecoak tidak memiliki jenis sistem peredaran darah yang sama dengan manusia itulah alasan mengapa ia bisa hidup tanpa kepala selama 9 hari. Foto: Repro Rentokil.co.id

" Ketika kepala kecoak lepas, leher mereka menutup dengan pembekuan dan tidak ada pendarahan yang tidak terkontrol "

KENDARI, TELISIK.ID - Kecoak merupakan serangga kecil yang cukup menjijikan yang identik tinggal di tempat-tempat kotor. Kecoak, lipas, atau coro adalah salah satu ordo serangga hemimetabola yang berasal dari kelas Insecta. Ordo ini terdiri dari 4000 spesies, 2 superfamili, dan 6 famili.

Melansir Nationalgeographic.grid.id, Joseph G. Kunkel seorang ahli fisiologi dan ahli biokimia dari Universitas Massachusetts Amherst mengatakan, kecoak tidak memiliki jenis sistem peredaran darah yang sama dengan manusia.

Darah dapat mengalir melalui jaringan pembuluh darah manusia yang luas terutama melalui pembuluh kapiler kecil, tekanan yang cukup harus dijaga. Sistem pembuluh darah kecoak jauh lebih luas dan tidak memiliki kapiler kecil, sehingga tekanan bisa jauh lebih rendah.

Dikutip dari Validnews.id, kecoak bernapas menggunakan spirakel atau lubang kecil yang terdapat di tiap segmen tubuhnya. Serangga ini bisa bertahan hidup setidaknya selama 9 hari tanpa kepala.

Baca Juga: Ini Fakta Ilmiah Mengapa Mata Kucing Menyala di Tempat Gelap

"Ketika kepala kecoak lepas, leher mereka menutup dengan pembekuan dan tidak ada pendarahan yang tidak terkontrol," ujar Kunkel seperti dilansir  dari Nationalgeographic.grid.id.

Hal ini disebabkan sistem peredaran darah terbuka yang dimiliki serangga ordo hemimetabola itu. Dengan demikian, distribusi darah ke seluruh tubuh tidak selalu melalui pembuluh darah, melainkan dapat secara langsung menuju ke jaringan tubuh tanpa melalui pembuluh. 

Baca Juga: Hati-hati, 4 Hal Ini Bisa Membuat Semangat Hidup Kamu Hilang

Ahli entomologi, Christopher Tipping dari Delaware Valley College pernah meneliti bagaimana kecoak hidup tanpa kepala. Dia memutuskan kepala kecoak Amerika (Periplaneta americana) dan mengamatinya di bawah mikroskop.

Ia menemukan bahwa tanpa otak, tubuh masih dapat berfungsi dan melakukan sesuatu yang sederhana seperti bergerak. Menariknya dari kecoak, bukan hanya tubuhnya yang bisa berfungsi tanpa kepala. Namun, kepala yang lepas dari tubuh kecoak juga masih hidup.

"Kepala tanpa tubuh itu dapat menggerakkan antena selama beberapa jam sampai kehabisan tenaga. Jika diberi nutrisi dan didinginkan, kepala kecoak bisa bertahan lebih lama," kata Tipping. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga