HKJS 2022, Sentra Meohai Kendari Beri Bantuan ATENSI Kepada 30 ODGJ di RS Jiwa Sulawesi Tenggara

Musdar, telisik indonesia
Kamis, 06 Oktober 2022
0 dilihat
HKJS 2022, Sentra Meohai Kendari Beri Bantuan ATENSI Kepada 30 ODGJ di RS Jiwa Sulawesi Tenggara
Kepala Sentra Meohai Kendari Budi Sucahyono (kiri) menyerahkan bantuan ATENSI kepada ODGJ di RS Jiwa Sulawesi Tenggara, Kamis 6 Oktober 2022. Foto: Ist

" Sebagai rangkaian Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) Tahun 2022, Kementerian Sosial melalui Sentra Meohai Kendari memberikan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial Social (ATENSI), kepada pemerlu pelayanan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di RS Jiwa Sulawesi Tenggara senilai Rp 17 juta "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagai rangkaian Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) Tahun 2022, Kementerian Sosial melalui Sentra Meohai Kendari memberikan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial Social (ATENSI), kepada pemerlu pelayanan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di RS Jiwa Sulawesi Tenggara senilai Rp 17 juta.

Bantuan ATENSI tersebut berupa kebutuhan dasar, di antaranya pemenuhan nutrisi dan kebersihan diri kepada 28 penerima manfaat, serta bantuan kewirausahaan kepada 2 orang penerima manfaat.

Kepala Sentra Meohai Kendari, Budi Sucahyono mengatakan, komitmen dalam pemberdayaan ODGJ diperkuat dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa yang ditujukan untuk menjamin setiap warga negara agar dapat mencapai kualitas hidup yang baik, serta memberikan pelayanan kesehatan secara terintegrasi, komprehensif dan berkesinambungan.

Baca Juga: Sedang Tahap Perbaikan, Masyarakat Keluhkan Debu Jalanan

Secara garis besar, Undang-Undang tersebut mengamanatkan tentang perlunya peran serta masyarakat dalam melindungi dan memberdayakan ODGJ dalam bentuk bantuan berupa tenaga, dana, fasilitas, pengobatan bagi ODGJ.

Kepala Sentra Meohai Kendari Budi Sucahyono (kiri) menyerahkan bantuan ATENSI kepada ODGJ di RS Jiwa Sulawesi Tenggara, Kamis 6 Oktober 2022. Foto: Ist

 

Kemudian perlindungan terhadap tindakan kekerasan, menciptakan lingkungan yang kondusif, memberikan pelatihan keterampilan.

Lanjut Budi Sucahyo, masalah kesehatan jiwa merupakan masalah kesehatan masyarakat yang sangat penting dan harus mendapat perhatian sungguh-sungguh dari seluruh jajaran lintas sektor pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, serta perhatian dari seluruh masyarakat.

Kementerian Sosial melalui Sentra Meohai Kendari sudah mengupayakan agar para pemerlu pelayanan ODGJ mendapatkan akses pelayanan yang memadai baik itu akses pelayanan publik, akses kesehatan, akses pekerjaan dan berwirausaha melalui program-program yang Sentra Meohai miliki.

Baca Juga: Dipertemukan, Konflik Buruh Pelabuhan Belum Ada Solusi

"Sentra Meohai Kendari terus mengembangkan inovasi untuk membantu meningkatkan  Keberfungsian ODGJ," ucap Budi Sucahyo dalam sambutannya, Kamis (6/10/2022).

Budi Sucahyono berharap dengan adanya ATENSI dapat membantu para pemerlu pelayanan ODGJ untuk melaksanakan fungsi sosialnya.

"Tentunya untuk mendukung hal tersebut perlu juga mendapat dukungan oleh semua pihak baik masyarakat dan pemerintah daerah, dan hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama," tutupnya. (C-Adv)

Penulis: Musdar

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga