Honor Ribuan Bilal Mayit di Medan Belum Dibayar hingga 7 Bulan

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Rabu, 18 Agustus 2021
0 dilihat
Honor Ribuan Bilal Mayit di Medan Belum Dibayar hingga 7 Bulan
Ketua Paguyuban Bilal Mayit dan Penggali Kubur Kota Medan, Pusman (kiri) dan Kepala Dinas Sosial Medan, Endar Sutan Lubis (kanan). Foto: Ist.

" Hal tersebut disampaikan Ketua Paguyuban Bilal Mayit dan Penggali Kubur Kota Medan, Pusman. "

MEDAN, TELISIK.ID - Ribuan Bilal mayit belum menerima honor dari Pemerintah Kota (Pemkot) Medan, melalui dinas sosial hingga tujuh bulan lamanya, sejak Januari hingga Agustus 2021 ini.

Hal tersebut disampaikan Ketua Paguyuban Bilal Mayit dan Penggali Kubur Kota Medan, Pusman, saat dikonfirmasi awak media, Rabu (18/8/2021).

"Iya, honor bilal mayit yang ada ini belum cair dari Pemkot Medan. Sejak Januari 2021 sampai sekarang belum juga cair, berarti sudah tujuh bulan," kata Pusman kepada Telisik.id.

Menurut Pusman, ada 3.000 orang lebih petugas atau bilal mayit di Kota Medan. Sebelumnya, honor bilal mayit sebesar Rp 300.000.

"Jadi, sewaktu dulu honor kami Rp 300 ribu. Pencairan biasanya dikirim oleh Dinas Sosial Kota Medan selama 4 bulan sekali, lalu ditransfer melalui Bank Sumut ke rekening masing-masing. Tapi tahun ini, kenapa sampai sekarang honor kami belum cair juga," ungkapnya.

Pria berusia 46 tahun ini mengaku, tidak memiliki akses untuk menindaklanjuti keluhan yang dialaminya beserta teman seprofesi itu.

Dia hanya berharap agar Pemkot Medan segera mencairkan honor itu.

Baca juga: Gubernur dan Bupati Muna Dapat Penghargaan Tertinggi Pramuka

Baca juga: Isu Pilkades Digelar 2022, Bupati Muna: Tergantung Kondisi

"Honor itu sangat kami butuhkan, kami sudah berulang kali mendatangi dinas sosial, tapi sampai sekarang ini belum ada kata pihak dinas sosial," ujarnya mengaku heran.

Padahal, kata Pusman, Wali Kota Medan, Bobby Nasution, pernah berjanji akan menaikan jumlah honor bilal mayit. Akan tetapi, belum terealisasi.

"Kami tidak berharap honor naik, kami hanya meminta honor kami segera dicairkan. Itu saja dahulu, kalau memang Pemkot Medan mau menaikkan honor kami, ya kami sangat bersyukur," ungkapnya.

Kepala Dinas Sosial Kota Medan, H Endar Sutan Lubis mengungkapkan, belum dicairkannya honor bagi bilal mayit dan penggali kubur itu karena terkait administrasi pendataan serta peralihan pembayaran.

"Dulu pembayaran dilakukan oleh Bagian Sosial dan Pendidikan Setda Kota Medan, sekarang dialihkan ke dinas sosial (kami). Jadi kami harus melakukan pendataan yang valid agar tidak bermasalah," kata Endar.

Menurutnya, dalam waktu dekat pendataan akan selesai. Selanjutnya, uang akan dikirim kepada nama yang sudah tertera.

"Setelah pendataan beres maka akan diserahkan ke Wali Kota Medan untuk SK kan bagi yang menerima honor itu. Setelah itu, barulah honor bisa dicairkan. Dalam waktu dekat akan cair itu," ungkapnya. (B)

Reporter: Reza Fahlefy

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga