Ibu Kota Bombana Tercemari Sampah Plastik

Hir Abrianto, telisik indonesia
Kamis, 20 Februari 2020
0 dilihat
Ibu Kota Bombana Tercemari Sampah Plastik
Beberapa bagian di pinggiran ibu kota Bombana dipenuhi sampah plastik. Foto: Hir/Telisik

" Perilaku hidup sehat harus diperhatikan. Ingat penyakit diare dan DBD serta penyakit kulit lainnya banyak disebabkan karena lingkungan, air dan udara yang kotor "

BOMBANA, TELISIK.ID - Belum lama ini tepatnya Senin (17/02/2020), sejumlah rumah warga di wilayah Kecamatan Rumbia yang merupakan ibu kota Kabupaten Bombana, terendam banjir usai dilanda hujan kurang lebih satu jam saja. Dari hasil pantauan lapangan, banjir tersebut akibat tersumbatnya saluran air oleh sampah plastik berupa botol bekas, pembungkus mie instan dan lainnya.

Saat hujan turun, warga yang rumahnya digenangi air bergerak cepat mengeruk saluran air agar air bisa mengalir ke laut yang jaraknya hanya berkisar 300 meter dari lokasi banjir.

Baca Juga : Ikut Muffest di Jakarta, BLK Kendari Siapkan Tenunan Lokal Sultra

Pasca banjir melanda rumah warga, sejumlah awak media melalukan penelusuran di sepanjang area yang mestinya tidak boleh ada tumpukan sampah. Naasnya, di sepanjang pinggiran kota, ditemukan plastik bekas kemasan yang kerap menganggu ekosistem lingkungan baik air maupun tanah.

Melihat kondisi itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana dr. Sunandar mengingatkan bahaya lingkungan yang kotor terhadap kesehatan. 

"Perilaku hidup sehat harus diperhatikan. Ingat penyakit diare dan DBD serta penyakit kulit lainnya banyak disebabkan karena lingkungan, air dan udara yang kotor," jelasnya.

Baca Juga : Baru 4 Bulan, Proyek Jalan Rp 2 M Sudah Rusak

"Kami hanya bisa ingatkan tentang dampak terhadap kesehatan, kalau soal teknis lapangan maka silahkan konfimasi dinas terkait yakni DLH," lanjutnya.

Di tempat terpisah, Dinas Lingkungan Hidup melalui Kepala Bidang Lingkungan dan Persampahan, Nurlan Malik berharap masyarakat Bombana khususnya yang berada di sekitar pesisir pantai, sungai dan saluran air untuk sadar lingkungan terutama yang berada di ibu kota kabupaten.

"Jika ingin membuang sampah, Dinas Lingkungan Hidup telah menyediakan tempat pembuangan sampah di sejumlah titik," ucap Nurlan.

Baca Juga : Sebentar Lagi Butur Bakal Punya Bandara

Guna meningkatkan cinta masyarakat terhadap lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup bakal mengambil tindakan tegas pada setiap warga yang kedapatan membuang sampah tidak sesuai aturan. 

Reporter: M10
Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga