Sebentar Lagi Butur Bakal Punya Bandara

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 19 Februari 2020
0 dilihat
Sebentar Lagi Butur Bakal Punya Bandara
Kepala Dinas Perhubungan Butur, La Madia. Foto: Istimewa

" Kita sudah di tahap final studi kelayakan, di 2020 ini kita akan fokus untuk membebaskan lahan warga sehingga panjang landasan  bisa terpenuhi sesuai dengan standar Kementerian Perhubungan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Buton Utara (Butur) sebentar lagi akan memiliki bandar udara. Rencananya, bandara tersebut akan berlokasi di Desa Langkagi,  Kecamatan Kalisusu, yang saat ini telah masuk tahap final studi kelayakan.

Kadis Perhubungan Butur, La Madia, menjelaskan, pihaknya telah berkomunikasi dengan Kementerian Perhubungan mengenai rencana pengadaan bandara tersebut.

"Kita sudah di tahap final studi kelayakan, di 2020 ini kita akan fokus untuk membebaskan lahan warga sehingga panjang landasan  bisa terpenuhi sesuai dengan standar Kementerian Perhubungan," jelasnya, Selasa (18/2/2020).

Baca Juga : https://telisik.id/news/ikut-muffest-di-jakarta-blk-kendari-siapkan-tenunan-lokal-sultra

Lanjut La Madia, tahun ini Dishub Butur akan fokus membereskan kebutuhan administrasi terlebih dahulu, baru kemudian menuju ke tahap berikutnya.

"Kemarin waktu kami diskusi di Kementerian Perhubungan untuk tahun ini kita fokus di penyelesaian dokumen izin-izin serta Amdal. Tahun 2021 sudah masuk pembangunan fisik dan target sudah selesai di 2022," ungkapnya.

La Madia juga mengungkapkan bahwa bandara tersebut sudah tercatat di Kementerian Perhubungan sebagai salah satu bandara di Indonesia.

Baca Juga : BLK Kendari Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi

"Bandara Langkagi itu sudah tercatat sebagai satu dari 157 bandara di seluruh Indonesia," pungkasnya. 

Bandara Langkagi nantinya akan beroperasi sebagai bandara komersial yang akan terbang langsung ke bandara yang ada di Makassar dan Kendari.

Reporter: M1
Editor: Rani

Baca Juga