Ikut Jokowi Dukung Prabowo-Gibran, Ternyata Ini Bisnis Gurita Luhut Binsar Pandjaitan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 05 Februari 2024
0 dilihat
Ikut Jokowi Dukung Prabowo-Gibran, Ternyata Ini Bisnis Gurita Luhut Binsar Pandjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan secara terbuka menyatakan dukungan kepada calon Presiden Prabowo Subianto dan calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Foto: Repro Modusaceh

" Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan secara terbuka menyatakan dukungannya kepada Calon Presiden Prabowo Subianto "

JAKARTA, TELISIK.ID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan secara terbuka menyatakan dukungannya kepada Calon Presiden Prabowo Subianto dan calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. 

Dia menyampaikan bahwa satu alasan adalah Prabowo-Gibran mengusung keberlanjutan. Ia menyatakan jika dalam kaitannya dengan hilirisasi maka perlu keberlanjutan, bukan perubahan.

Sebagaimana diketahui, hilirisasi merupakan satu program unggulan pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Saya Luhut Binsar Pandjaitan pilih Prabowo. Menurut saya dia pilihan terbaik presiden saat ini. Itu akan membawa kemajuan Indonesia dan membawa keberlanjutan Indonesia," katanya melalui Instagram @luhut.pandjaitan dilansir dari CNBCIndonesia.com.

Luhut mengaku telah mengenal Prabowo lebih kurang 40 tahun. Dirinya melihat Prabowo tipe pekerja keras, pintar, sangat mencintai NKRI, dan telah membuktikan keberhasilan pada masa lalu. Oleh karena itu ia menilai Prabowo sebagai pemimpin yang tepat untuk membawa Indonesia maju.

Baca Juga: Pengusaha Pariwisata dan Hiburan Libatkan Luhut Panjaitan, Dorong Pemda Terapkan Insentif Fiskal

Lantas apa saja bisnis atau perusahaan yang dikelola oleh Luhut Binsar Pandjaitan?

Melansir Hops.id, Luhut Binsar Pandjaitan mendirikan sebuah perusahaan bernama PT Toba Bara Sejahtera. Namun perusahaan tersebut kemudian berganti nama menjadi TBS Energi Utama, perusahaan tersebut masuk pada Bursa Efek Indonesia, yang memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp 2,6 triliun.

TBS Energi memproduksi perusahaan kebun kelapa sawit yang berlokasi di tiga kecamatan, Kutai Kartanegara. Dan persis di sebelah perusahaan tersebut, ada tambang batu-bara yang hasilnya diangkut sebuah pelabuhan di wilayah Kalimantan.

TBS Energi juga mengoperasikan PLTU Sulbagut 1 di Provinsi Gorontalo, dan juga ada PLTU Sulut di wilayah Manado. Tak hanya itu, perusahaan Elctrum yang bergerak di bidang produk motor listrik merupakan gabungan dari perusahaan TBS Energi. 

Baca Juga: Saat Prabowo Tolak Tanya Jawab dengan Wartawan, Anies Malah Foto Bareng

Namun perusahaan tersebut tidak dikelola langsung oleh Luhut, melainkan oleh keponakannya, Pandu Patria Sjahrir, pabrik tersebut berlokasi di Cikarang.

Dalam hal ini Luhut masih memegang 9 persen saham PT TBS Energi melalui PT Toba Sejahtera. Sementara itu, pada tahun 2016 lalu Luhut Binsar Pandjaitan telah menjual 62 persen saham di TBS Energi kepada Highland Strategi Holding di Singapura.

Tak cukup sampai di situ, Luhut juga diduga memiliki kerja sama dengan sebuah tambang emas yang berada di wilayah Intan Jaya, Papua. Tambang emas tersebut masih dalam tahap eksplorasi atau proses pencarian. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga