Ikuti Perkembangan Zaman, UHO Kendari Genjot Profesionalisme Pustakawan

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Selasa, 12 Juli 2022
0 dilihat
Ikuti Perkembangan Zaman, UHO Kendari Genjot Profesionalisme Pustakawan
UHO Kendari terus menggenjot profesionalisme pustakawan dan petugas perpustakaan, dengan melakukan pelatihan pengolahan bahan pustaka oleh UPT Perpustakaan UHO Kendari. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari terus menggenjot profesionalisme pustakawan dan petugas perpustakaan, yang harus terus bertransformasi mengikuti perkembangan zaman "

KENDARI, TELISIK.ID - Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari terus menggenjot profesionalisme pustakawan dan petugas perpustakaan, yang harus terus bertransformasi mengikuti perkembangan zaman.

Hal tersebut ditandai dengan dilakukannya pelatihan pengolahan bahan pustaka, oleh Unit Pelaksanan Teknis (UPT) Perpustakaan UHO Kendari, Selasa (12/7/2022).

Rektor UHO Kendari, Prof. Dr. Muh Zamrun Firihu mengatakan, dahulu saat mencari buku harus dilakukan satu-satu berdasarkan spesifikasi keilmuan.

Namun untuk saat ini dan dengan kemajuan teknologi, tidak lagi harus dicari satu-persatu tapi bisa memanfaatkan teknologi yang sudah ada.

"Sekarang dengan memanfaatkan teknologi, kita tinggal ketik judul atau kata kunci, bisa langsung dapat buku yang dicari," katanya.

Baca Juga: 2 Negara Ini Buka Pendaftaran Beasiswa Full Funded Tahun Ajaran 2023

Sehingga ia berharap, dengan adanya giat tersebut dapat meningkatkan kemampuan para pustakawan dan petugas perpustakaan dalam pengelolaan bahan pustaka.

"Sehingga dengan meningkatkan kemampuan mereka, ini juga dapat memudahkan para mahasiswa," ucapnya.

Tempat sama, Kepala UPT Perpustakaan UHO Kendari, Muhamad Alim Marhadi mengatakan, kekurangan perpustakaan UHO adalah, tidak semua pustakawan dan staf perpustakaan tau bagaimana mengolah bahan pustaka.

Baca Juga: Siapkan SDM Unggul, HMJ Pendidikan Akuntansi FKIP UHO Bakal Gelar Seminar

"Maka dengan demikian lahirlah ide untuk menunjang kinerja dan untuk itu kami adakan pelatihan," ujarnya.

Ia menyampaikan, pelatihan tersebut akan berlangsung selama tiga hari, dimana para peserta yang berjumlah 44 orang, akan diberikan materi teori dan praktek. (B-Adv)

Penulis: Andi Irna Fitriani

Editor: Musdar

Baca Juga