Implementasi Nilai Humanis, Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Sidak Lapas Kendari

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 17 September 2023
0 dilihat
Implementasi Nilai Humanis, Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Sidak Lapas Kendari
Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, kembali melakukan sidak ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kendari, Minggu (17/9/2023). Foto: Ist.

" Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara mengemban misi untuk tetap menjaga nilai-nilai humanis dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di Lapas Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam memberikan pelayanan secara humanis, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, melakukan sidak ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kendari, Minggu (17/9/2023).

Dalam sidak ke Lapas Kendari kali ini, Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara mengemban misi untuk tetap menjaga nilai-nilai humanis dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di Lapas Kendari, terlihat dari kunjungan yang berfokus pada pendekatan dan pembinaan keakraban yang dilakukan Kakanwil kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WPB) yang sedang menjalani hukuman di Lapas Kendari.

Kakanwil setibanya di lokasi langsung mengunjungi blok-blok WPB dan bercengkrama dengan WBP yang sedang melakukan aktivitas di dalam blok. Kakanwil berkeliling untuk melakukan pengecekan dan bertanya mengenai kabar WBP.

Baca Juga: Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Paparkan Capaian Kinerja ke Komisi III DPR RI

"Kita ini semua satu keluarga, tidak ada yang tahu rencana Tuhan di balik kesusahan kita," ujar Kakanwil kepada para WBP.

Sikap humanis Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, dengan foto bersama para tahanan. Foto: Ist.

 

Silvester Sili Laba memang dikenal dengan nilai-nilai humanisnya dalam pelaksanakan tugas selama menjabat sebagai Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara.

Diketahui, selain Lapas, Kakanwil juga sebelumnya menyambangi Rutan Kelas IIA Kendari, Rabu (13/9/2023), guna melakukan mitigasi risiko dan identifikasi informasi keamanan dan ketertiban di Rutan Kelas IIA Kendari terkait dengan pelaksanaan pekerjaan konstruksi pembangunan blok hunian A dan dapur umum di Rutan Kendari.

Guna meminimalisir potensi terjadinya gangguan kamtib berupa kaburnya tahanan dan gangguan lainnya, pihak Rutan Kelas IIA Kendari mengoptimalkan pengawasan melalui pos atas/menara khususnya Pos 1 dan Pos 2 yang berada di lokasi pembongkaran. Selain itu, dilakukan pula pemasangan dinding pembatas sementara menggunakan seng antara lokasi pembongkaran Blok Hunian A dengan Blok Hunian lainnya.

Baca Juga: Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Lantik Dua Pejabat Administrasi

Di sela-sela pengawasannya, Kakanwil didampingi Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Lola Basan Baran, Kepala Rutan Kelas IIA Kendari Iwan Muthmain dan Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Ahmad. Kakanwil juga mengunjungi aula Rutan yang ditempati sementara oleh beberapa WBP sembari memberikan penguatan.

“Tolong kondusifitas Rutan dijaga, jangan melakukan hal-hal yang dapat merugikan pihak Rutan maupun WBP. Patuhi peraturan yang berlaku dan arahan petugas serta terima kasih atas kerja samanya,” tutupnya. (B-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga