Imunisasi Anak Dimulai, Konsel Target 36.542 Anak Sekolah

Ashar Hamka, telisik indonesia
Rabu, 19 Januari 2022
0 dilihat
Imunisasi Anak Dimulai, Konsel Target 36.542 Anak Sekolah
Imunisasi vaksin bagi anak usia 6-11 tahun telah dimulai, dipusatkan di lapangan Sorumba, Kecamatan Ranomeeto. Foto: Dinas Kominfo Konsel

" Tak ingin berlama-lama untuk menyukseskan program vaksinasi guna membentuk herd immunity pada anak "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), tak ingin berlama-lama untuk menyukseskan program vaksinasi guna membentuk herd immunity pada anak.

Sepekan setelah rapat persiapan, Kamis 13 Januari 2022, lalu, kegiatan vaksinasi yang kini berganti nama menjadi imunisasi, mengingat sasaran kali ini adalah anak sekolah, daerah pimpinan Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, ini sudah bergerak.  

Kick off kegiatan imunisasi untuk usia sekolah ini dipusatkan di Lapangan Sorumba Kecamatan Ranomeeto, Rabu (19/1/2022) pagi, ditandai dengan penyuntikan perdana kepada siswa SDN 1 Konsel bernama Reynald.

“Kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak, khususnya TNI-Polri atas kerjasamanya, baik dukungan personil maupun logistik, sehingga pelaksanaan vaksinasi di Konawe Selatan ini berjalan lancar,“ ujar Surunuddin Dangga, dalam sambutannya.

Dengan terlaksana imusasi perdana tersebut, Bupati Konsel, berkeyakinan capaian target nasional pada dosis pertama bisa mendekati angka 80 persen.

Baca Juga: Target 34.793 Anak, Vaksinasi COVID-19 Dimulai Besok

"Kegiatan secara simultan terus kita laksanakan sampai seluruh masyarakat tervaksin," katanya,

Kata Surunuddin, Pemda Konsel nantinya bakal mobile ke sekolah-sekolah menyasar anak didik yang belum tervaksin. Pihaknya juga menghimbau pada orang tua murid untuk mengajak anaknya melakukan vaksinasi guna mendukung terlaksananya kegiatan belajar tatap muka.

"Bagi yang telah diimunisasi, kami menyampaikan terima kasih karena telah mengantarkan anaknya untuk disuntik vaksin," ujarnya.

Baca Juga: Ini Tiga Nama Calon Sekda Busel

Dalam laporannya, Sekda Konsel, Sjarif Sajang menyebutkan, total sasaran target imunisasi anak usia 6-11 tahun sebanyak 36.542 anak, terdiri dari 34.035 siswa SD dan 2.537 Madrasah Ibtidaiyah (MI). Di mana perdana Rabu hari ini sebanyak 1.326 sasaran siswa yang terdaftar berasal dari SDN 1, SDN 4,  SDN 8 dan SDN 11 Konsel.

Kegiatan bersamaan dilaksanakan pada 14 kecamatan/puskesmas lainnya. Hingga total 3.497 sasaran anak. Yang mana, 13 tim tenaga kesehatan yang bekerja dalam imunisasi massal di lapangan Ranomeeto, di antaranya dari dinas kesehatan, personil Polres Konsel dan Sat Brimobda Polda Sultra. Dengan sementara stok vaksin sinovac Kabupaten Konsel masih tersedia 10.304 vial atau 20.608 dosis.

“Adapun capaian vaksinasi dosis pertama hingga hari ini se-Konsel sebesar 79.67 persen,“ ujarnya. (B)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga