adplus-dvertising

Ini 4 Fitur Tersembunyi Telegram yang Belum Banyak Diketahui

Haerani Hambali, telisik indonesia
Kamis, 14 Oktober 2021
282 dilihat
Ini 4 Fitur Tersembunyi Telegram yang Belum Banyak Diketahui
Telegram memiliki banyak keunggulan dibandingkan WhatsApp. Foto: Repro okeguys.com

" Telegram memiliki beberapa fitur rahasia atau tersembunyi yang masih belum banyak diketahui penggunanya. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Aplikasi chatting Telegram kini mulai banyak dipakai pengguna smartphone. Pada awal 2021 saja, jumlah penggunanya telah mencapai 500 juta di seluruh dunia.

Hal itu tidak lepas dari publik yang kian menyadari pentingnya data pribadi. Seperti diketahui, keamanan menjadi salah satu fitur utama yang ditawarkan aplikasi Telegram.

Tidak hanya keamanan, Telegram juga terus menghadirkan sejumlah fitur baru. Beragam fitur ini menjadi pembeda Telegram dengan aplikasi serupa lainnya.


Telegram memiliki beberapa fitur rahasia yang masih belum banyak diketahui penggunanya.

Berikut ini 4 fitur tersembunyi Telegram yang belum banyak diketahui pengguna , dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id.

 

1. Bisa menemukan teman baru melalui fitur Find People by Location

Pengguna Telegram dapat memanfaatkan fitur ini untuk menemukan grup atau teman baru yang baru di sekitarnya.

Pengguna tinggal masuk ke tab Contacts dan izinkan lokasi menyala untuk mulai memanfaatkan fitur ini.

Namun pengguna dan grup harus mengaktifkan fitur ini juga agar bisa ditemukan. Apabila grup atau pengguna yang dicari belum mengaktifkan fitur ini, kamu belum bisa menemukan mereka lewat Telegram.

2. Bisa mengatur pesan masuk di grup dengan fitur Slow Mode

Telegram mengizinkan penggunanya untuk menambahkan anggota grup hingga 200.000 orang.

Kehadiran fitur ini memang memudahkan, tapi di satu sisi juga sangat akan sangat riuh apabila ada banyak percakapan dalam beberapa Group Chat. Untuk mengatasinya, Telegram memiliki fitur Slow Mode yang ditujukan bagi admin grup.

Dengan fitur ini, admin dapat menjadwalkan waktu bagi anggota grup mereka jika ingin mengirimkan pesan. Fitur ini dapat diakses ke menu grup, lalu pilih Edit, Permissions, dan pilih durasi yang diinginkan di bagian bawah halaman.

3. Bisa merekam video meeting  

Situasi Work-From-Home memungkinkan orang untuk lebih sering melakukan online meeting. Online meeting lewat Telegram sangat mudah.

Tdak hanya bisa menjadwalkan online meeting lewat grup Telegram, bahkan bisa juga merekam dan mengirimkan rekaman meeting tersebut ke teman atau kolega di Telegram.

Untuk menggunakan opsi ini, klik tombol Chat dan tekan simbol mikrofon.

Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan sudah memberikan izin akses aplikasi Telegram untuk mengirim gambar dan video.

4. Tidak akan kehilangan data penting dengan fitur Private Channel

Telegram juga menawarkan suatu fitur unik yang tidak dimiliki oleh aplikasi pengiriman pesan lainnya, yakni membuat channel privat.

Telegram memiliki fitur channel yang mengizinkan pengguna untuk menyebarkan informasi ke siapa saja tanpa menerima respon atau pesan balik dari para channel subscribers.

Channel ini biasanya dapat diakses secara publik, namun apabila membutuhkan fitur yang memungkinkan untuk menyimpan data atau pesan penting apa pun, fitur ini sangat cocok.

Untuk membuat channel privat, tiap pengguna mungkin memiliki instruksi yang berbeda tergantung tipe device yang digunakan.

Secara singkat, cara mengaktifkan fitur ini adalah sebagai berikut:

iPhone: Masuk ke tab Chats, klik opsi New Message di sudut kanan atas aplikasi dan pilih opsi New Channel.

Android: Masuk ke Chats dan klik simbol pensil dan pilih ‘New Channel’ dari daftar pilihan yang tersedia.

Desktop: Ketuk menu ‘hamburger’ di sudut kiri atas dan pilih opsi ‘New Channel’.

Telegram diketahui memiliki banyak keunggulan dibandingkan aplikasi WhatsApp.

Dikutip dari idntimes.com, kelebihan Telegram dibanding WhatsApp adalah:  

1. Layanan penyimpanan Cloud

Ini berarti semua pesan teks, gambar, video, dokumen dan file lainnya dapat disimpan di sana. Kita bisa bebas log-in atau log-out beberapa kali dari sejumlah perangkat secara bersamaan tanpa perlu kehilangan data.

2. Memilih mengirim file asli atau dikompres

Di WhatsApp, ukuran foto, resolusi dan kualitas foto akan mengecil otomatis. Sehingga, jika kita perlu mengirim file asli, kita harus mengirimnya lewat fitur dokumen.

Sedangkan di Telegram, kita bisa memilih apakah file video dan foto dikirim versi original atau versi terkompres.

3. Kapasitas anggota grup sampai 5.000 orang

Kapasitas anggota grup WhatsApp maksimal hanya 256 orang. Sementara di Telegram standar umumnya hanya bisa menampung 200 orang, tapi bisa diperbesar hingga 5.000 orang dengan fitur Super Group.

4. Fitur Secret Chat

Fitur Secret Chat dibuat di antara dua perangkat, sehingga pesan ini tidak dapat diakses di perangkat lain dan tidak tersedia di Cloud. Pesan juga bisa dihapus otomatis oleh timer dan tidak bisa diretas.

5. Memasukkan beberapa nomor telepon sekaligus

Berganti nomor atau menambahkan beberapa nomor sekaligus dapat dilakukan di Telegram tanpa khawatir risiko kehilangan obrolan atau kontak. Jadi kita tak perlu repot-repot mentransfer semua kontak pada nomor baru.

Untuk mengubah nomor Telegram, cukup buka pengaturan (setting) dan ketik nomor. Lalu klik ubah nomor dan ikuti instruksi selanjutnya. Semua pesan akan dipindahkan ke nomor baru dan Telegram akan menambah semua kontak ke nomor baru tersebut.

6. Mengunggah beberapa foto profil sekaligus

Telegram memungkinkan kita untuk mengunggah beberapa foto profil sekaligus, sebanyak yang kita inginkan. Foto terbaru adalah foto yang dilihat oleh kontak kita, namun kita bisa menggeser ke samping untuk melihat foto-foto selanjutnya.  

7. Fitur chat bot

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan chat bot ini. Misalnya, mendapatkan pemberitahuan dan berita, menerima pembayaran dari pengguna Telegram, mengetahui ramalan cuaca dan menerjemahkan bahasa. Bot juga bisa menghubungkan kita dengan orang yang memiliki minat atau kedekatan yang sama. (C)

Reporter: Haerani Hambali  

Editor: Fitrah Nugraha 

Artikel Terkait
Baca Juga