Ini 5 Negara Terbesar di Dunia

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 03 Januari 2023
0 dilihat
Ini 5 Negara Terbesar di Dunia
Sebagai negara terbesar pertama di dunia, luas negara Rusia ternyata dua kali lipat lebih besar dari luas negara Amerika Serikat, China, serta Kanada. Foto: Repro id.theasianparent.com

" Rusia adalah negara terluas di dunia dengan total area mencapai 17,1 juta km persegi "

KENDARI, TELISIK.ID - Bumi yang punya tujuh benua saat ini terbagi dari ratusan negara di dunia. Negara-negara tersebut memiliki batas teritorial dan luas yang berbeda-beda.

Dikutip dari Cnbcindonesia.com, berikut 5 negara terbesar berdasarkan luas wilayahnya.

1. Rusia

Rusia memang banyak dikenal sebagai negara dengan wilayah terluas di dunia. Negara ini punya total area mencapai 17,1 juta km persegi. Luas ini mencakup perairan Danau Baikal, danau air tawar dengan volume terbesar di dunia. Sementara, total wilayah daratan Rusia bahkan mencapai 11 persen dari total luas daratan dunia.

Meski dikenal sebagai negara eropa, namun 77 persen dari luas wilayahnya adalah area Benua Asia, dan hanya 23 persen di Benua Eropa. Rusia punya panorama alam yang sangat bervariasi, mulai dari gurun hingga garis pantai yang membeku.

Ada juga pegunungan tinggi dan rawa-rawa besar yang menjadi daya tarik Rusia. Bentang alam utama Rusia termasuk Gunung Elbrus, Pegunungan Kaukasus, Pegunungan Altai, Pegunungan Ural, Pegunungan Stanovoy, Semenanjung Kamchatka, Dataran Siberia, hingga Dataran Tinggi Siberia.

2. Kanada

Kanada menjadi posisi negara terbesar kedua di dunia. Negara yang terletak di Amerika Utara ini punya total area sebesar 9,985 juta km persegi atau 6,1 persen dari total daratan dunia.

Baca Juga: Wanita Ini Punya Titik G-Spot di Tenggorokan: Bisa Klimaks Hanya dengan Isap Jari

Kanada mendominasi hingga dua per lima bagian utara Benua Amerika Utara yang di dalamnya terdapat sekitar 31,7 ribu danau dengan sekitar 500 di antaranya seluas lebih dari 100 km persegi.

Negara ini juga punya garis pantai terpanjang di dunia yang membentang sepanjang 243.977 kilometer, Dikelilingi oleh Samudra Pasifik, Atlantik, dan Arktik.

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat punya predikat nomor tiga sebagai negara paling besar di dunia. Negara yang dijuluki adidaya ini terhampar seluas 9,834 juta km persegi. Luas ini sama dengan empat kali luas wilayah Indonesia.

Amerika punya alam yang bervariasi, mulai dari pantai tropis di Florida, hingga puncak pegunungan Rocky. Ada juga tanah padang rumput dan gurun tandus di Barat hingga daerah hutan belantara yang lebat di Timur Laut dan Barat Laut.

4. China

Selain menjadi negara terpadat, China menjadi negara terbesar keempat di dunia, dengan total area mencapai 9,597 juta km persegi. Karena punya area perairan yang sempit, luas total China belum bisa menandingi besarnya wilayah Amerika.

Sebenarnya, secara daratan, luas wilayah China lebih besar dibanding Amerika. Luas daratan China adalah 9,3 juta kilometer persegi atau 2,2 persen lebih besar dari luas daratan AS yang hanya 9,1 juta kilometer persegi.

Kondisi geografis China meliputi pegunungan, dataran tinggi, gurun pasir, dan hutan lebat. Bahkan, sepertiga wilayah daratan China terdiri dari pegunungan, termasuk Gunung Everest sebagai gunung tertinggi di dunia yang ada di perbatasan China dan Nepal.

5. Brasil

Memiliki luas negara 8,516 juta km persegi, Brasil menempati posisi kelima negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya. Brasil juga merupakan salah satu negara dengan danau terbanyak, yakni sekitar 20 ribu danau kecil dan besar.

Baca Juga: Ternyata Universitas Ini Lebih Tua Dibanding Penemuan Kalkulus

Selain itu, sekitar 519.522.000 hektare lahan di Brasil merupakan hutan. Ada juga perbukitan terjal, hutan pinus, dataran tinggi yang luas, dan pantai yang panjang tersaji di Brasil.

Dikutip dari Detik.com, dari daftar di atas, Indonesia memang tidak masuk. Berdasarkan luas wilayah, Indonesia menempati posisi kelima belas dengan luas sekitar 1,905 juta km persegi.

Luas wilayah Indonesia unggul sedikit dibandingkan negara Sudan yang memiliki luas 1,861 juta km persegi, Libya dengan 1,76 juta km persegi, dan Iran dengan 1,648 juta km persegi.

Sementara itu, untuk negara terkecil di dunia sebagian besar berada di Eropa, Oseania, dan Amerika. Negara Vatikan adalah negara terkecil di dunia dengan luas hanya 0,49 km persegi, diikuti oleh Monako dengan luas 2,02 km persegi dan Nauru dengan luas 21 km persegi. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga