Ini 8 Ibadah yang Dianjurkan Selama Ramadan

Andi Sulthan Mujahidin, telisik indonesia
Jumat, 16 April 2021
0 dilihat
Ini 8 Ibadah yang Dianjurkan Selama Ramadan
Ilustrasi Al-qur'an. Foto: Repro monitor.co.id

" Pada dasarnya banyak sekali ibadah yang dianjurkan untuk amaliah selama Ramadan, baik itu amalan pribadi ataupun sosial. "

KENDARI, TELISIK.ID - Ramadan adalah bulan suci yang penuh dengan ampunan. Banyak orang yang menanti dan berlomba-lomba dalam melaksanakan kebaikan selama dalam bukan suci ini.

Meski di bulan lain perbuatan tersebut berpahala, tetapi amalan bulan Ramadan yang dilakukan secara rutin mendapatkan berkah yang melimpah.

Lantas, ibadah apa saja yang dianjurkan untuk dilaksakan pada bulan suci Ramadan?

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Kendari, Moch Safruddin menjelaskan, sangat banyak ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan pada bulan suci Ramadan.

"Pada dasarnya banyak sekali ibadah yang dianjurkan untuk amaliah selama Ramadan, baik itu amalan pribadi ataupun sosial," ungkapnya melalui sambungan telepon, Jum'at (16/4/21).

Moch Safruddin menjelaskan, pada saat berpuasa sangat dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al Qur'an.

Baca juga: Ini Tingkatan Puasa Ramadan Menurut Imam Algazali, Kamu Masuk yang Mana?

Lebih lanjut, ia menjelaskan beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan pada bulan suci Ramadan yang berkaitan dengan puasa, antra lain:

1. Perbanyak membaca Al-Qur'an.

2. Untuk waktu sahur diperlambat menjelang waktu Imsak sedang waktu berbuka dipercepat. Dalam artian, maksud dipercepat ialah ketika adzhan Magrib berkumandang, maka menyegerakan untuk berbuka dan tidak boleh menunda atau menahan hingga ba'da Magrib atau seterusnya.

3. Perbanyak berdoa, karena pada bulan suci Ramadan doa lebih diijabah oleh Allah SWT.

4. Banyak bersedekah, seperti memberi makan untuk orang yang akan berpuka puasa. Ini pahalanya sama dengan orang yang berpuasa.

5. Memperbanyak ibadah shalat  sunnah. Untuk shalat sunnah pada bulan suci Ramadan pahalanya sama dengan shalat wajib, sedang shalat wajib pahalanya dilipat gandakan.

6. Malam Lailatul Qadar, dianjurkan untuk membaca istighfar, syahadat dan berdoa.

7. Mengurangi aktifitas yang dapat memengaruhi kualitas puasa seperti ngerumpi dan lain-lain.

8. Menjaga panca indra dari hal-hal yang sifatnya maksiat. (B)

Reporter: Andi Sulthan Mujahidin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga