Ini Alasan Pemerintah Myanmar dan PM Thailand Tak Ikut KTT ASEAN 2023

Berto Davids, telisik indonesia
Selasa, 09 Mei 2023
0 dilihat
Ini Alasan Pemerintah Myanmar dan PM Thailand Tak Ikut KTT ASEAN 2023
Lokasi KTT ASEAN Summit Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, saat ditinjau Presiden Joko Widodo. Foto: Ist.

" Kick off Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN atau ASEAN Summit 2023 akan diselenggarakan hari ini, 9 hingga 11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) "

MANGGARAI BARAT, TELISIK.ID - Kick off Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN atau ASEAN Summit 2023 akan diselenggarakan hari ini, 9 hingga 11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Konfrensi itu diikuti oleh 8 pemimpin, Sekretaris Jenderal ASEAN serta Perdana Menteri Timor Leste.

Namun, pemerintah Myanmar dan PM Thailand tak ikut serta dalam kegiatan internasional itu.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan, pemerintah Myanmar tidak diundang pada level politik KTT ASEAN tahun ini. Hal ini sesuai dengan keputusan yang diambil oleh para leaders.

Sementara PM Thailand tidak dapat hadir mengingat Pemilu di negara itu akan dilakukan pada 14 Mei 2023.

"Kehadiran PM Thailand akan digantikan oleh deputi Thailand yang menjadi utusan khususnya di KTT ke-42 ASEAN," kata Retno dalam keterangannya, Selasa (9/5/2023).

Baca Juga: PLN Siapkan Listrik Andal Tanpa Kedip Demi Dukung ASEAN Summit Labuan Bajo

Lebih lanjut Retno mengatakan, pada penyelenggaraan KTT hari ini akan ada delapan pertemuan yang tujuh di antaranya akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Kedelapan pertemuan itu adalah KTT dalam bentuk pleno, interface dengan AIPA (parlemen), interface dengan youth, interface dengan ABAC (bisnis), interface dengan high level task force (HLTF) yang akan dilakukan pada 10 Mei 2023.

Kemudian, pertemuan KTT dalam bentuk retreat, dua pertemuan sub regional, yakni IMT GT yang akan dihadiri oleh Indonesia, Malaysia, Thailand, serta BIMP EAGA yang dihadiri Brunei Darussalam, Indonesia, Filipina, dan Malaysia.

Baca Juga: Pola Pengamanan ASEAN Summit Dilakukan Terbuka dan Tertutup

Terpisah, Sekretaris Kemensetneg, Setya Utama, mengatakan bahwa persiapan penyelenggaraan KTT ASEAN hari ini sudah mencapai 100 persen.

Berbagai persiapan untuk akomodasi telah dilakukan untuk pelaksanaan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo. Dalam KTT ASEAN ke-42 ini, Hotel Meruorah akan menjadi venue utama untuk melakukan rapat, sidang, atau pertemuan leaders.

Fasilitas penunjang juga telah disiapkan untuk mendukung KTT tersebut, seperti ruang pertemuan utama, ruang bilateral, ruang kerja, ruang pendukung perlengkapan, dan dekorasi, mini ICU, serta ambulance. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga