Ini Cara Benar dan Sehat Berjemur di Bawah Matahari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 17 September 2022
0 dilihat
Ini Cara Benar dan Sehat Berjemur di Bawah Matahari
Berjemur di bawah matahari saat pagi dapat memberikan asupan vitamin D yang baik bagi tubuh. Foto: Repro ingram publishing

" Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisa mendapatkan hasil maksimal saat berjemur "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kebiasaan baik di pagi dan sore hari adalah berjemur di bawah matahari. Hal ini memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dikutip dari hellosehat.com, kulit manusia dirancang untuk memproduksi vitamin D secara otomatis ketika kulit terpapar sinar matahari.

Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet B (UVB). Saat UVB mengenai kulit, kulit akan membentuk vitamin D3 (cholecalciferol) dalam jumlah besar.

Vitamin D3 merupakan previtamin dari vitamin D yang akan langsung disalurkan ke hati dan ginjal untuk menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh.

Olehnya itu, berjemur di bawa sinar mentari hal yang sangat baik untuk mendapatkan asupan vitamin D. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisa mendapatkan hasil maksimal saat berjemur.

Baca Juga: 5 Perbedaan Batuk TBC dan Biasa

Melansir ayobandung.com, berikut beberapa tips saat berjemur di bawah matahari:

1. Perhatikan Waktu dan Durasi

Untuk memperoleh manfaat sinar Matahari pagi, berjemur yang aman dilakukan pada kisaran pukul 08.00 hingga 10.00. Durasi berjemur yang dianjurkan juga berkisar 15-20 menit saja tiap harinya.

2. Gunakan Tabir Surya atau Sunblock

Berjemur memang penting, namun menjaga kesehatan kulit juga sama pentingnya. Gunakan tabir surya sekitar 20-30 menit sebelum memulai berjemur. Hal ini dianjurkan agar menghindari kulit dari efek terbakar atau sunburn saat berjemur.

Baca Juga: Kenali 8 Penyebab Mata Panda, dari Kurang Tidur hingga Alergi

3. Minum Air Putih yang Cukup

Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup saat berjemur, agar tubuh tetap terhidrasi.

Berjemur di bawah sinar matahari pagi memang baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Tetapi, menjaga kebersihan juga tetap menjadi hal utama untuk hidup sehat.

Nah, itulah beberapa beberapa cara yang benar dan baik untuk meraih hasil maksimal saat berjemur di bawah mentari. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga