Ini Harapan Petugas Pengangkut Sampah untuk Warga Kendari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 09 Juli 2021
0 dilihat
Ini Harapan Petugas Pengangkut Sampah untuk Warga Kendari
Petugas pengangkut sampah menyisir TPS di setiap jalan protokol. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Terjaganya kebersihan lingkungan kota sudah menjadi harapan setiap daerah. Namun, untuk mewujudkan harapan tersebut membutuhkan kerjasama semua elemen masyarakat. "

KENDARI, TELISIK.ID - Terjaganya kebersihan lingkungan kota sudah menjadi harapan setiap daerah. Namun, untuk mewujudkan harapan tersebut membutuhkan kerjasama semua elemen masyarakat.

Sopir Armada Pengangkut Sampah, Amsar mengatakan, agar kebersihan kota bisa terjaga dengan baik, maka diharapkan warga masyarakat dapat tertib membuang sampahnya.

Dimana, kata dia, sikap tertib yang diharapkan dari masyarakat yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya dan waktu yang telah ditetapkan.

"Kami minta tolong buanglah sampah pada tempat dan waktunya. Itu yang kita harapkan kepada warga masyarakat," harapnya.

Baca juga: MUI: Kawasan Zona Hijau Boleh Salat Jumat di Masjid

Baca juga: Ali Mazi Lantik Sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Pasalnya, lanjut Amsar, seringkali sampah masih berserakan di tempat pembuangan sampah (TPS) atau bak sampah meski sebelumnya ia sudah mengangkut sampah di TPS tersebut.

"Terkadang jam 9 pagi itu kita sudah lalui dua kali. Bahkan nanti jam 11 ternyata masih ada juga sampah. Apalagi ada juga yang tidak buang di bak sampahnya tapi di luar bak sampah itu. Jadi berserakan, sehingga membuah kota kita tidak bersih," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari, Nismawati juga berharap semua elemen masyarakat dan unsur pemerintah, khususnya di tingkat kecamatan dan kelurahan aktif  mengedukasi warganya agar peduli terhadap kebersihan lingkungan.

"Camat dan Lurah yang lebih tahu dan dekat dengan warganya. Makanya mereka mesti terus edukasi warga masyarakat setempat menjaga kebersihan kota," harapnya. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Baca Juga