Ini Lokasi Salat Idul Adha 1444 H di Kota Kendari Besok, Lengkap Nama Imam dan Khotib

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 27 Juni 2023
0 dilihat
Ini Lokasi Salat Idul Adha 1444 H di Kota Kendari Besok, Lengkap Nama Imam dan Khotib
Ribuan jemaah memadati Masjid Umushabri Kendari untuk melaksanakan Salat Ied. Foto: Dok. Telisik

" Sejumlah umat Islam di Indonesia akan melaksanakan Salat Idul Adha 1444 H pada Rabu (28/6/2023) "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejumlah umat Islam di Indonesia akan melaksanakan Salat Idul Adha 1444 H pada Rabu (28/6/2023). Hal ini berbeda dari pemerintah yang telah mengumumkan lebaran Idul Adha tahun ini pada Kamis (29/6/2023).

Beredar informasi, sejumlah tempat akan melaksanaan Salat Idul Adha, Rabu (28/6/2023) besok, termasuk di Kota Kendari. Salah satu lokasi yang bakal menggelar Salat Ied ini, adalah Masjid Al Fatih yang terletak di Kelurahan Watulando, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Fatih, Muhammad Wildan mengatakan, masjid yang dikelolanya tersebut dengan sukacita mengumumkan akan menyelenggarakan Salat Idul Adha 1444 H pada Rabu, 28 Juni 2023. Acara tersebut akan berlangsung di Masjid Al Fatih, dengan waktu pelaksanaan pukul 07.00 Wita.

Waktu Salat Idul Adha ini ditetapkan besok, karena umat Islam yang melaksanakan ibadah haji saat ini sedang wukuf di padang Arafah. Adapun umat Islam yang tidak ibadah haji dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah Arafah hari ini, Selasa (27/6/2023).

Keputusan pelaksanaan Salat Idul Adha ini didasarkan pada ketentuan ahlul Makkah, yang telah banyak dijelaskan dalam nash-nash agama.

“Jadi ketika jemaah haji sedang melaksanakan wukuf di Arafah, maka Salat Idul Adha akan diadakan pada hari berikutnya,” katanya kepada Telisik.id, Selasa (27/6/2023).

Baca Juga: Berbeda Hari Idul Adha, DPD Muhammadiyah Kolaka Utara Belum Tetapkan Lokasi Salat

Oleh karena itu, Muhammad Wildan mengajak kepada masyarakat Kota Kendari dan sekitarnya yang akan melaksanakan Salat Idul Adha besok, untuk dapat hadir dan bergabung di Masjid Al Fatih.

Sementara itu, Ketua Yayasan Ummusshabri Kendari, Supriyanto mengaku, pihaknya juga akan melaksanakan Salat Idul Adha tahun ini, Rabu besok.

Penetapan itu dilakukan, karena selisih waktu antara Arab Saudi dan Indonesia hanya 4 jam saja. Sehingga ketika jemaah haji wukuf di Arafah hari ini, maka besok sudah masuk hari raya Idul Adha.

“Sedangkan kita di Kendari itu hanya 5 jam lebih dulu dengan Arab Saudi. Itu artinya, kalau di Arab Saudi hari ini wukuf, maka kita lebarannya besok,” katanya saat dihubungi melalui sambungan seluler.

Salah satu warga Kota Kendari, Seri Sulastri, dengan penuh antusias menyatakan kesediaannya untuk bergabung dengan masyarakat, terutama umat Islam, dalam melaksanakan Salat Idul Adha pada Rabu besok.

Keputusan itu kata dia, didasarkan pada panggilan telepon yang diterimanya dari nenek suaminya yang sedang menjalankan ibadah haji, dan saat ini berada dalam tahap wukuf di Arafah.

“Jadi nenek kami yang sedang haji menelpon kemarin langsung dari Arab Saudi. Kalau mereka di sana sudah berada di Arafah untuk siap-siap wukuf. Jadi hari ini mereka sudah wukuf, maka kita puasa Arafah dan besok Salat Idul Adha,” ujarnya.

Berdasarkan penelusuran Telisik.id, berikut beberapa lokasi yang melaksanakan Salat Idul Adha 1444 H di Kota Kendari pada Rabu besok:

1. Masjid Al Fatih di Kelurahan Watulando, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari.

Khotib Shalat Id: Ustaz Muhammad Wildan, ME selaku Ketua DKM Al Fatih.

Imam Shalat Id: Ustaz Zallum Rajud Mujahiddin al Hafidz

2. Masjid Ummushabri di Jln A. Yani, Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Kota Kendari.

Khotib Shalat Id: Dr. H. Supranto, MA selaku Ketua Yayasan Ummushabri Kendari.

Baca Juga: Pemda Muna Barat Tetapkan Lokasi Salat Idul Adha di Kecamatan Barangka

Imam Shalat Id: Ustaz La Ode Muh. Qodam, S.Pd.I selaku Qori Nasional.

3. Pelataran Sekolah Islam Terpadu (SIT) Insantama Kendari di Jl. Bahteramas, Kambu, Kota Kendari.

Khotib Shalat Id: Ustaz Fitriaman.

Imam Shalat Id: Muh. Rifqi Fatahillah Baso Al Hafidz.

4. Halaman Gedung E UM Kendari.

Khotib Shalat Id: H. Abdurrahman Shaleh, SH., M. Si selaku Ketua DPRD Sulawesi Tenggara.

Imam Shalat Id: Yusuf, S.Pd.I., M.Pd,I selaku Dekan FAI UM Kendari.

5. Pondok Pesantren Al Ihsan Baron Kendari di Kecamatan Mandonga, Kota Kendari.

Khotib Shalat Id: Kiyai Mahyudin, Lc selaku Pengajar Kitab Tafsir PP Al Ihsan Baron Kendari.

Imam Shalat Id: Ustaz Najib Abu Aqifah selaku Mudir Villa Quran Takhassus Al Ihsan Baron Kendari. (A)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga