Ini Makanan dan Minuman Tak Boleh Dikonsumsi Setelah Makan Daging

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 01 Juli 2023
0 dilihat
Ini Makanan dan Minuman Tak Boleh Dikonsumsi Setelah Makan Daging
Banyak orang mengonsumsi makanan daging yang diolah menjadi burger bersama dengan kentang goreng. Kedua makanan ini mengandung lemak trans yang kurang bagus bika dikonsumsi bersamaan. Foto: Repro Briliofood.net

" Keju merupakan salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan atau beberapa saat setelah makan daging "

KENDARI, TELISIK.ID - Hampir semua orang suka dengan makanan lezat, salah satunya adalah daging sapi dan kambing. Setelah mengonsumsi daging, biasanya kita menyantap hidangan penutup.

Namun, tak semua makanan aman dikonsumsi setelah makan daging. Ada beberapa yang tak boleh Anda konsumsi yaitu:

1. Keju

Mengutip Grid.id, keju merupakan salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi setelah makan daging. Keju dan daging memiliki kandungan protein yang tinggi. Jika keduanya dikonsumsi bersamaan, maka tubuh akan sulit mencerna. Mengonsumsi keju setelah mengonsumsi daging dapat membuat perut tidak nyaman dan penuh.

2. Telur

Dilansir dari Fimela.com, kandungan protein yang tinggi dalam telur dan lemak dalam daging akan memberikan energi instan dalam tubuh. Tetapi perlu kamu tahu kalau kombinasi dari dua makanan ini membuat energi pada tubuhmu cepat hilang, justru badanmu akan cepat merasa lesu. Jadi, hindari mengonsumsi dua bahan makanan ini secara bersamaan atau dalam waktu dekat.

Baca Juga: Awas, 7 Bahaya Terlalu Banyak Makan Daging Sapi

3. Cuka

Seringkali banyak orang mencampurkan daging dengan cuka, misalnya pada bakso. Daging sendiri termasuk dalam jenis makanan panas, sementara cuka memiliki kesamaan seperti alkohol, termasuk jenis makanan hangat. Mengonsumsinya secara bersamaan dapat membuat perutmu menjadi tidak enak, bahkan menyebabkan mulas dan diare.

4. Semangka

Semangka merupakan buah yang tidak boleh dikonsumsi setelah makan daging. Daging bersifat panas dan buah yang banyak air dapat mendinginkan badan.

Perlu diingat bahwa daging bersifat panas, dan mengonsumsi dua makanan secara bersamaan, dapat menurunkan efek bergizi dari daging. Selain itu campuran menu ini akan membahayakan tubuh penderita asthenia limpa, karena dapat membahayakan energi dan mengganggu lambung.

5. Susu

Susu tidak boleh dikonsumsi setelah atau sebelum makan daging kambing, sapi atau ayam. Selain membuat perut tidak nyaman, kandungan zat besi dan kalsium pada kedua makanan ini cenderung akan diserap oleh tubuh sehingga gizinya tidak maksimal.

Baca Juga: Ini Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol Usai Makan Daging Kurban, Dijamin Ampuh

Alih-alih mengonsumsi daging dengan bahan-bahan di atas, sebaiknya tambahkan sayuran hijau pada daging agar lebih mudah dicerna oleh tubuh. Atau setidaknya beri jeda selama beberapa jam, baru mengonsumsi makanan yang lainnya.

6. Chestnut

Chestnut kaya akan vitamin C, namun gabungan dua makanan ini tak baik jika dikonsumsi secara bersamaan. Daging yang kuat akan menghancurkan kandungan yang ada pada chestnut. Sehingga gizi chestnut akan berkurang. Kombinasi dua menu makanan ini juga tidak baik untuk pencernaan.

7. Kentang

Makan daging yang diolah menjadi burger dan kentang goreng, hmmm siapa yang nggak suka dengan menu favorit ini. Ya, lemak trans atau lemak jenuh (jahat) di kedua makanan ini, karena burger dan kentang keduanya digoreng, akan menurunkan kadar gula darah pada tubuh. Sehingga akan menyebabkan kamu merasa cepat lelah dan mengantuk. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga