Ini Manfaat Konsumsi 5 Cangkir Teh Sehari untuk Lansia

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 05 Januari 2021
0 dilihat
Ini Manfaat Konsumsi 5 Cangkir Teh Sehari untuk Lansia
Mengonsumsi lima cangkir teh sehari terbukti dapat membuat lansia di atas 85 tahun menjadi lebih fokus, dan kemampuan psikomotorik yakni hubungan otak dan gerakan menjadi lebih baik. Foto: Repro penjagarumah.com

" Kemampuan bagi kelompok orangtua mungkin tidak hanya dipengaruhi senyawa yang ada dalam teh, tapi juga dipengaruhi kegiatan membuat teh atau mengobrol saat mengonsumsi teh, yang juga tidak kalah penting. "

KENDARI, TELISIK.ID - Bertambahnya usia seseorang dapat membuat ia kesulitan mengingat alias mudah lupa. Hal ini bukan lagi rahasia umum, karena sebagian orang yang sudah memasuki usia yang tidak muda lagi akan mengalami kondisi mudah lupa tersebut.

Seiring bertambahnya usia, kemampuan kognitif akan semakin berkurang. Itu juga yang terjadi pada orang lanjut usia atau lansia.

Namun, seperti dikutip dari SuaraSurakarta.id, sebuah penelitian menarik mengungkapkan bagaimana mengonsumsi lima cangkir teh sehari terbukti dapat membuat lansia di atas 85 tahun menjadi lebih fokus, dan kemampuan psikomotorik yakni hubungan otak dan gerakan menjadi lebih baik.

Penelitian yang dilakukan Newcastle University ini menunjukkan peminum teh memiliki reaksi yang lebih cepat dan ketepatan dalam berpikir maupun bertindak, seperti kegiatan menyetir, menjahit dan berolahraga ringan.

"Kemampuan bagi kelompok orangtua mungkin tidak hanya dipengaruhi senyawa yang ada dalam teh, tapi juga dipengaruhi kegiatan membuat teh atau mengobrol saat mengonsumsi teh, yang juga tidak kalah penting," tutur Peneliti dr. Edward Okello dari Newcastle University Human Nutrition Research Centre, mengutip Metro pada 30 Desember 2020 lalu.

Baca juga: Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Meredam Stres

Dalam penelitian ini, peneliti mempelajari kebiasaan minum teh pada orang yang berusia lebih dari 85 tahun, yang tinggal di rumah seorang diri, dan ditemukan mereka mengonsumsi lebih dari lima cangkir teh sehari, yang kemudian mereka menjalani tes koginitif.

Melibatkan lebih dari 1.000 orang lansia berusia di atas 85 tahun dari Newcastle dan Noth Tyneside, penelitian ini dimulai sejak 2006 hingga 2020 saat ini.

Informasi dikumpulkan dengan cara peneliti mengunjungi rumah peserta untuk menilai dan mewawancarai mengisi kuesioner, serta dilakukan tes fungsi motorik dan tes darah.

Bahkan peneliti juga meninjau lebih jauh tentang potensi teh hitam dan teh Camellia sinensis, yang menurut hipotesis atau prediksi peneliti bisa melindungi dari penurunan kemampuan otak untuk berpikir (kognitif).

Dari hasil penelitian tersebut, tidak ada salahnya cara ini menjadi solusi atau terapi agar kebiasaan suka lupa bisa berkurang. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga