Ini Penjelasan Dokter yang Tangani Bupati Koltim hingga Meninggal Dunia

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Jumat, 19 Maret 2021
0 dilihat
Ini Penjelasan Dokter yang Tangani Bupati Koltim hingga Meninggal Dunia
Dokter Umum UGD RSUD Konawe, dr Abdianto Ilman. Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

" Pak Bupati masuk dalam keadaan tidak sadar, beliau terkena serangan jantung. "

KONAWE, TELISIK.ID - Kepergian Samsul Bahri Madjid secara mendadak, meninggalkan duka yang mendalam bagi warga Kolaka Timur.

Terungkap penyebab meninggalnya Bupati yang dikenal dengan murah senyum itu, yakni Cardiac Arrest atau hilangnya fungsi jantung, napas, dan kesadaran secara tiba-tiba. Hal tersebut tak terduga jadi penyebab meninggalnya Samsul Bahri Madjid.

Dokter Umum UGD RSUD Konawe, dr Abdianto Ilman mengungkapkan, pasien masuk ke UGD dalam keadaan tidak sadarkan diri, lalu pihaknya langsung lakukan penanganan cepat, sambil mengecek kesadarannya.

"Pak Bupati masuk dalam keadaan tidak sadar, beliau terkena serangan jantung," ungkapnya.

Ia menjelaskan, penyebab meninggalnya Bupati Kolaka Timur Samsul Bahri Madjid yakni, berhentinya pompa jantung dalam dada, sehingga suplay darah dari jantung ke otak tidak ada.

Baca Juga: 4 Olahraga Ini Bahaya bagi Penderita Penyakit Jantung

Kata dia, pihaknya sudah melakukan upaya resusitasi jantung paru (RJP) yang merupakan langkah pertolongan medis untuk mengembalikan fungsi napas, dan atau sirkulasi darah di dalam tubuh yang terhenti.

"Namun akhirnya pasien dinyatakan meninggal pada jam 19.45," ungkapnya.

Lebih lanjut dr. Abdi menegaskan, selama penanganan yang dilakukan di rumah sakit, pasien Bupati Koltim tidak pernah siuman sampai dinyatakan meninggal dunia. (B)

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga