Ini Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 16 Oktober 2023
0 dilihat
Ini Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya
Panas berlebihan pada ponsel adalah masalah yang sering dihadapi setiap pengguna smartphone. Foto: Repro Bhineka.com

" Alasan kenapa HP cepat panas bisa berasal dari pengoperasian game dalam waktu yang lama "

KENDARI, TELISIK.ID – Salah satu masalah yang sering dialami saat menggunakan HP atau smartphone adalah panas berlebihan pada perangkat. Panas tersebut bisa dirasakan saat kita memegang perangkat.

Dilansir dari Merdeka.com, kondisi HP panas ini memang termasuk hal yang wajar. Dimana semua perangkat elektronik akan mengalami hal yang sama, ketika sedang berfungsi bekerja. Walaupun begitu, terdapat beberapa alasan yang menyebabkan kenapa HP cepat panas.

Alasan kenapa HP cepat panas bisa berasal dari pengoperasian game dalam waktu yang lama, menonton konten streaming, pengaturan yang tidak optimal, aplikasi yang membutuhkan pembaruan, hingga pembaruan software. Selain itu, faktor lingkungan juga bisa memberikan pengaruh kenapa HP cepat panas.

Jika perangkat Anda yang sering mengalami kondisi ini, maka penting untuk diperhatikan berbagai alasan kenapa HP cepat panas. Selain itu, perlu juga dipahami bagaimana dampak kondisi HP panas terhadap kinerjanya, serta cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP panas.

Dikutip dari Nakita.grid.id, berikut beberapa alasan kenapa HP cepat panas.

1. Aplikasi yang Berjalan Terus Menerus

Aplikasi yang berjalan terus menerus dilatar belakang dapat membebani CPU dan memicu pemanasan perangkat.

2. Prosesor yang Overworked

Ketika Anda menggunakan aplikasi berat, seperti game 3D atau aplikasi pemrosesan video, CPU perangkat bekerja keras dan menghasilkan panas.

3. Pencahayaan yang Terlalu Terang

Menggunakan layar ponsel pada tingkat kecerahan yang tinggi dalam waktu lama dapat menghasilkan panas.

4. Koneksi Data yang Terus-Menerus

Koneksi data yang aktif terus-menerus, terutama ketika sinyal lemah, membuat ponsel bekerja keras dan menghasilkan panas.

Baca Juga: 6 Cara Atasi HP Panas saat Bermain Game

5. Overcharging

Mengisi daya ponsel dalam waktu yang lama atau menggunakan charger yang tidak sesuai, dapat menyebabkan pemanasan.

6. Penyimpanan Penuh

Penyimpanan penuh dapat memengaruhi kinerja ponsel dan menyebabkan pemanasan.

7. Aplikasi yang Berjalan Terus di Latar Belakang

Beberapa aplikasi tetap berjalan di latar belakang, bahkan setelah Anda keluar dari mereka, dan ini bisa menyebabkan panas.

8. Perangkat Kuno

Perangkat yang lebih lama mungkin lebih rentan terhadap pemanasan karena kurangnya perangkat keras yang canggih.

9. Kualitas Buruk atau Aksesori Charger Tidak Asli

Charger yang tidak asli atau berkualitas buruk dapat menghasilkan panas atau bahkan merusak baterai.

Cara Mengatasi Ponsel yang Cepat Panas

Setelah Anda mengidentifikasi penyebab ponsel Anda cepat panas, langkah selanjutnya adalah mengatasi masalah ini. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah perangkat yang cepat panas:

1. Kelola Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Periksa aplikasi yang berjalan di latar belakang dan tutup aplikasi yang tidak Anda butuhkan. Beberapa aplikasi terus berjalan, seperti aplikasi media sosial, dan dapat menyebabkan pemanasan yang tidak perlu.

2. Tutup Aplikasi Berat

Jika Anda menggunakan aplikasi berat seperti game atau aplikasi pengolahan video, pastikan untuk menutupnya setelah selesai digunakan. Jika mungkin, kurangi penggunaan aplikasi berat atau gunakan perangkat keras yang lebih kuat jika Anda sering memerlukan aplikasi tersebut.

3. Kurangi Kecerahan Layar

Mengurangi tingkat kecerahan layar saat Anda tidak membutuhkannya dapat membantu mengurangi pemanasan dan menghemat daya baterai.

4. Matikan Koneksi Data saat Tidak Digunakan

Jika Anda tidak menggunakan data seluler atau Wi-Fi, matikan koneksi tersebut. Koneksi data yang terus aktif dapat membuat perangkat bekerja lebih keras dan menghasilkan panas.

5. Jaga Baterai dalam Kondisi Baik

Baterai yang buruk atau tidak sehat dapat menyebabkan pemanasan. Pastikan baterai dalam kondisi baik, dan jika perlu, ganti baterai yang sudah tua.

Baca Juga: Cara Bersihkan RAM Tanpa Aplikasi di Android dan iPhone

6. Jangan Overcharge

Jangan biarkan ponsel tetap terhubung dengan charger setelah baterai sudah penuh. Ini dapat merusak baterai dan menyebabkan pemanasan. Gunakan charger yang sesuai dengan perangkat Anda.

7. Bersihkan Ponsel

Bersihkan debu dan kotoran dari ponsel Anda secara teratur, terutama di sela-sela port dan lubang pendingin. Debu yang menumpuk dapat menghambat sirkulasi udara dan menyebabkan pemanasan.

8. Nonaktifkan Fitur yang Tidak Dibutuhkan

Nonaktifkan fitur seperti Bluetooth, GPS, atau NFC jika Anda tidak menggunakannya. Fitur-fitur ini dapat membebani perangkat dan menghasilkan panas.

9. Perbarui Perangkat Lunak

Pastikan perangkat Anda menjalankan versi perangkat lunak terbaru. Kadang-kadang, pembaruan perangkat lunak dapat memperbaiki masalah pemanasan.

10. Gunakan Aksesori Asli

Gunakan aksesori yang asli dan berkualitas baik, termasuk charger dan kabel USB. Aksesori yang buruk atau tidak asli dapat mengganggu pengisian daya dan menyebabkan pemanasan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga