Ini Rekayasa Pengalihan Arus Lalu Lintas Malam Pergantian Tahun di Kota Kendari

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 31 Desember 2023
0 dilihat
Ini Rekayasa Pengalihan Arus Lalu Lintas Malam Pergantian Tahun di Kota Kendari
Rekayasa arus lalu lintas yang akan diberlakukan saat pergantian tahun baru 2024 nanti, mencakup sekitaran The Park (kiri atas), Tugu Eks MTQ (kanan atas), Kendari Beach (kiri bawah) dan Jembatan Teluk Kendari (bawah kanan). Foto: Kolase

" Di malam pergantian tahun 2024, pihak Satlantas Polresta Kendari telah membuat langkah-langkah pengalihan arus lalu lintas "

KENDARI, TELISIK.ID - Pergantian tahun selalu menjadi momen yang dinanti sebagian orang. Namun antusiasme ini kerap disertai penumpukan kendaraan yang menyebabkan kemacetan. Untuk mengantisipasi hal itu, di malam pergantian tahun 2024, pihak Satlantas Polresta Kendari telah membuat langkah-langkah pengalihan arus lalu lintas.

Briptu Rika dari Satlantas Polresta Kendari mengimbau masyarakat mematuhi aturan berlalu lintas dan menjelaskan rencana pengalihan arus lalu lintas di malam pergantian tahun.

Di sekitar The Park. Arus kendaraan dari By Pass akan dialihkan langsung belok kiri ke Jalan Kali Kadia (samping The Park).

Di sekitar The Park, pihak kepolisian akan menutup arus lalu lintas dari depan Kantor Pajak menuju MTsN 1 Kendari. Briptu Rika menyarankan agar masyarakat yang ingin menuju The Park, menggunakan Jalan H Supu Yusuf dengan belok kiri menuju MtsN 1 Kendari.

Baca Juga: Keamanan Kawasan Pantai Taipa Konawe Utara Diperketat Jelang Tahun Baru 2024

Tugu Eks MTQ Kendari, yang menjadi maskot Kota Kendari, juga akan mengalami pengalihan arus lalu lintas. Briptu Nening menjelaskan bahwa arus dari Jalan Ahmad Yani menuju MTQ akan dialihkan belok kiri menuju Jalan Balai Kota. Pengalihan lainnya mencakup arus dari Jalan Supu Yusuf dan Jalan Sao-Sao, yang dialihkan belok kiri menuju Jalan Abunawas.

Masyarakat yang hendak ke MTQ diminta menggunakan Jalan Made Sabara, dengan area bebas kendaraan depan Taman Wali Kota Kendari. Di sekitar Kendari Beach, arus lalu lintas akan dialihkan dari arah Tapak Kuda, belok kiri melalui Jalan Harimau samping SMP Flaters, melalui jalan poros, sesuai yang dijelaskan Briptu Nyoman Ayu.

Baca Juga: Ini Titik Pengalihan Arus Jalan di Kendari Hadapi Kemacetan Malam Tahun Baru

Selanjutnya, arus lalu lintas dari Kota Lama menuju Wua-Wua dialihkan lewat jalan By Pass melalui Jalan Teratai. Arus dari arah Pasar Pelelangan Ikan menuju Kendari Beach, dialihkan melalui jalan poros, belok kanan di Jalan Pembangunan samping Kampus UPT.

Di sekitar Jembatan Teluk Kendari, arus lalu lintas dari Kendari Beach menuju Pasar Lapulu akan belok kiri memutar ke bundaran Jembatan Kuning. Masyarakat dari arah Lapulu menuju Kota Lama dapat langsung belok kiri ke Jembatan Teluk Kendari.

Walaupun pengalihan arus ini diberlakukan, masyarakat juga diimbau agar tidak memarkirkan kendaraannya di sepanjang Jembatan Teluk Kendari. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan Kota Kendari dapat merayakan pergantian tahun tanpa terjebak kemacetan yang mengganggu. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga