Ini Tiga Nama yang Berpeluang Ganti Azis Syamsuddin Sebagai Wakil Ketua DPR

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 29 September 2021
0 dilihat
Ini Tiga Nama yang Berpeluang Ganti Azis Syamsuddin Sebagai Wakil Ketua DPR
Azis Syamsuddin memakai rompi orange saat dilakukan penahanan oleh KPK. Foto: Repro beritasatu.com

" Terdapat tiga nama yang berpeluang diusulkan oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk menjadi wakil ketua DPR menggantikan Azis Syamsuddin. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Terdapat tiga nama yang berpeluang diusulkan oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk menjadi wakil ketua DPR menggantikan Azis Syamsuddin.

Hal tersebut disampaikan Ketua Badan Advokasi Hukum dan HAM Partai Golkar, Supriansa, di Kompleks Parlemen, Jakarta, seperti dikutip dari KOMPAS.com, Rabu (29/9/2021).

Ketiga nama tersebut adalah Ketua Fraksi Partai Golkar Kahar Muzzakir, Sekretaris Fraksi Partai Golkar Adies Kadir, dan Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus.

"Kira-kira di antara tiga ini, salah satu di antara itu, yang ada di dalam amplop itu, dan nanti Pak Ketua Umum nanti yang akan mengumumkan, menyampaikan kepada publik, siapa isi daripada yang diajukan di antara tiga itu," kata Supriansa.

Supriansa menuturkan, Airlangga akan menyambangi DPR untuk menyerahkan nama pengganti Azis pada Rabu sore ini.

Baca juga: Diduga Lakukan Pemalsuan, PT Graha Panca Utama Dilapor ke Polda Sultra

Baca juga: Napoleon Ditetapkan Tersangka Penganiayaan Muhammad Kece

Menurut rencana, Airlangga akan didampingi oleh Kahar dan Adies selaku pimpinan fraksi saat menyerahkan nama tersebut kepada Ketua DPR Puan Maharani.

"Ketua umum nanti yang akan langsung membawa surat pengusulan penggantian Pak Azis Syamsuddin kepada pimpinan DPR yang Insya Allah kalau tidak ada perubahan akan diterima langsung oleh Ibu Ketua DPR RI, Ibu Puan," ujar Supriansa.

Anggota Komisi III DPR itu menegaskan, seluruh kader menyerahkan sepenuhnya keputusan soal pengganti Azis kepada Airlangga selaku ketua umum partai.

"Semua menyatu bahwa apa yang ditunjuk oleh Bapak Ketua Umum Pak Airlangga dalam menentukan pengganti Pak Azis Syamsuddin maka itulah yang terbaik dari Fraksi Partai Golkar," ujar dia.

Dilansir dari beritasatu.com, posisi wakil ketua umum DPR dari Partai Golkar kosong setelah Azis mengundurkan diri lantaran terjerat kasus dugaan korupsi terkait penanganan perkara kasus dugaan suap dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah.

Azis telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan sejak Sabtu (25/9/2021) lalu.

Reporter: Fitrah Nugraha

Baca Juga