Ini Tips Menu Sarapan Sehat ala dr Zaidul Akbar

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 28 September 2022
0 dilihat
Ini Tips Menu Sarapan Sehat ala dr Zaidul Akbar
Dokter Zaidul Akbar yang merupakan penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JSR), sering membagikan tips hidup sehat dalam Islam. Foto: Repro YouTube Zaidul Akbar

" Ada makanan tertentu yang bisa membuat kita lemas dan menuai keburukan sepanjang hari jika terus dilakukan "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sarapan menjadi salah satu aktivitas rutin dilakukan setiap pagi. Tidak hanya membantu menambah energi, tapi juga merupakan bagian dari pola hidup sehat.

Hanya saja saat sarapan, tidak semua jenis makanan boleh dimakan. Sebab ada makanan tertentu yang bisa membuat kita lemas dan menuai keburukan sepanjang hari jika terus dilakukan.

Nah, kali ini kita urai apa saja jenis makanan yang tidak perlu dikonsumsi pagi hari serta menu sarapan yang sehat sesuai dnegan arahan dari dr. Zaidul Akbar.

Diketahui, dikutip wikipedia, dr. Zaidul Akbar yang lahir pada 30 November 1977 ini merupakan dokter, pendakwah Islam, konsultan, dan praktisi pengobatan sunah Indonesia.

Lebih jauh lagi, dr. Zaidul Akbar juga dikenal sebagai penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JSR).

Baca Juga: 9 Obat Alami Atasi Kolesterol Tinggi

Dikutip suaramerdeka.com dari video unggahan kanal YouTube Bamol TTv berikut penjelasan dr. Zaidul Akbar tentang menu sarapan yang sehat:

Sarapan bukan sekedar menghilangkan lapar, melainkan juga memasukkan nutrisi yang optimal dan tidak membuat berat di badan. Dengan sarapan yang sehat dan tidak membuat berat di badan maka organ tubuh bekerja dengan baik.

Dapat dikatakan, menu sarapan merupakan titik awal untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Sehingga, sarapan tidak boleh mengonsumsi makanan sembarangan yang membuat berat di badan.

Ia menyebutkan beberapa makanan yang jangan dimakan pada pagi hari.

Baca Juga: 5 Tahap Turunkan Berat Badan dalam Seminggu Ala Ade Rai

"Jangan masukkan bahan-bahan yang bikin berat badan kita, sebenernya nggak cocok pagi-pagi makan nasi uduk, nasi goreng. Berat badannya, karena lagi proses pembuangan," katanya.

"Proses pembuangan kalau tidak enzim yang dimakan atau air putih, dan nggak usah banyak-banyak," ujarnya.

Dokter Zaidul Akbar menjelaskan, menu sarapan yang tidak membuat berat di badan. "Jadi pagi-pagi ambil beberapa potong buah, semangka, melon atau apapun. Lalu potong dadu, kasih sedikit madu, sedikit garam, sedikit jeruk nipis. Itu namanya sarapan," imbuhnya. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga