Ini yang Terjadi Jika Kucing Makan Nasi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 19 September 2023
0 dilihat
Ini yang Terjadi Jika Kucing Makan Nasi
Sebagai karnivora, nutrisi yang dibutuhkan kucing ada di daging-dagingan. Kucing boleh makan nasi namun dalam porsi yang sedikit. Foto: Tanyadokterhewan.com

" Kucing adalah hewan karnivora yang perlu mengonsumsi daging dalam pola makannya. Selain itu, tubuh mereka juga tidak didesain untuk bisa mencerna produk biji-bijian dengan baik "

KENDARI, TELISIK.ID - Kucing adalah hewan karnivora yang perlu mengonsumsi daging dalam pola makannya. Selain itu, tubuh mereka juga tidak didesain untuk bisa mencerna produk biji-bijian dengan baik. 

Berbeda dari manusia, kucing tidak membutuhkan karbohidrat dalam pola makannya. Kendati demikian, kucing boleh makan nasi dalam jumlah yang sedikit saja. Sumber karbohidrat ini tidak beracun bagi mereka.  

Sebagai karnivora, nutrisi yang dibutuhkan kucing ada di daging-dagingan. Meskipun demikian, dokter hewan mungkin akan menyarankan Anda untuk memberikan sedikit nasi saat kucing diare atau sakit perut. Sebab, nasi bisa membantu mengeraskan tinja dan mengatasi masalah saluran pencernaan seperti dikutip dari Kompas.com.

Ada baiknya untuk tidak memberikan nasi dalam porsi yang besar kepada kucing. Lantas, kenapa kucing tidak boleh makan nasi terlalu banyak? Jawabannya adalah nasi bukan bagian penting dari pola makan sehari-hari mereka. 

Baca Juga: 8 Daftar Artis Wanita yang Pernah Kepincut Pangeran Cendana Alias Keturunan Soeharto

Berikut adalah beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum memberikan nasi untuk kucing seperti dilansir dari Sehatq.com:

1. Beberapa kucing sensitif terhadap makanan baru

Jika kucing belum terbiasa mengonsumsi biji-bijian seperti nasi, mereka bisa muntah dan mengalami masalah pencernaan. 

Sebagai binatang karnivora, metabolisme dan sistem pencernaan kucing telah beradaptasi untuk mengonsumsi daging. Jadi, tidak heran jika makan nasi dapat memicu gangguan pencernaan bagi mereka. 

2. Defisiensi taurin

Melahap nasi dalam porsi yang besar diyakini bisa menyebabkan kucing mengalami defisiensi taurin. Taurin adalah asam amino penting untuk kucing dan hanya bisa ditemukan dalam protein hewani. 

Baca Juga: Artis Kourtney Kadarshian Jalani Puasa Seks, Ini Manfaatnya

3. Hindari memberikan nasi mentah atau beras

Jangan pernah menyajikan nasi yang belum dimasak atau masih dalam bentuk beras pada kucing. Sebab, beras sulit untuk dicerna dan berpotensi mengakibatkan kucing mengalami sakit perut, kembung, hingga penumpukan gas

4. Makanan yang aman bagi kucing

Makanan dari daging tanpa lemak juga bisa diberikan pada kucing. Telur matang dan ikan seperti tuna maupun salmon juga aman dikonsumsi kucing. Jika ingin memberikan sayuran, maka jenis sayuran yang bisa diberikan pada kucing yaitu wortel, labu kuning, brokoli, dan labu siam.

Sayuran-sayuran tersebut bisa membuat kucing lebih sehat, namun porsi yang diberikan pun tidak boleh terlalu banyak. Selain sayur, buah-buahan seperti semangka dan blueberry juga bisa dikonsumsi kucing. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga