Institut Teknologi Kelautan Buton Terima Mahasiswa Baru, Ini Persyatan dan Jurusanya

Febriyani, telisik indonesia
Selasa, 01 Agustus 2023
0 dilihat
Institut Teknologi Kelautan Buton Terima Mahasiswa Baru, Ini Persyatan dan Jurusanya
ITK Buton adalah salah satu perguruan tinggi swasta di bawah Yayasan Sultra Raya Dua Ribu Dua Puluh, kini membuka mahasiswa baru. Foto: Ist.

" Institut Teknologi Kelautan (ITK) Buton, kini menerima pendaftaran mahasiswa baru untuk gelombang dua yang telah dibuka sejak 24 Juli hingga 26 Agustus 2023 di Pasarwajo Kabupaten Buton, kantor ITK Buton atau kantor bupati lama "

BUTON, TELISIK.ID - Institut Teknologi Kelautan (ITK) Buton, kini menerima pendaftaran mahasiswa baru untuk gelombang dua yang telah dibuka sejak 24 Juli hingga 26 Agustus 2023 di Pasarwajo Kabupaten Buton, kantor ITK Buton atau kantor bupati lama.

Untuk persyaratanya hanya perlu membawa foto copy ijazah, foto copy kartu tanda penduduk, foto copy kartu keluarga dan pas foto ukuran tiga kali empat.

ITK Buton adalah salah satu perguruan tinggi swasta di bawah Yayasan Sultra Raya Dua Ribu Dua Puluh, merupakan bagian integral dari sistem pendidikan nasional dan pembangunan nasional serta pembangunan daerah Sulawesi Tenggara.

ITK Buton membuka tiga program studi, yakni bioteknologi program sarjana, akuakultur program sarjana, perikanan tangkap program sarjana.

Baca Juga: Cegah Konflik Antar Warga Polres Buton akan Gelar Operasi Miras

ITK Buton baru berdiri sejak tahun 2021, namun peminatnya cukup tinggi, dari masyarakat lokal yakni Buton, hingga Kolaka dan Makassar.

Menurut pengelola tata usaha ITK Buton, April menjelaskan, hingga kini para pendaftar sudah mencapai 98 orang, program studi yang banyak diminati yaitu perikanan tangkap.

"Kita baru dua kali membuka penerimaan mahasiswa baru, jurusan yang paling banyak diminati yaitu perikanan tangkap. Meskipun di sini kita lebih dominan belajar sains, namun ada juga para pendaftar yang berasal dari sekolah kejuruan," jelasnya, Selasa (1/8/2023).

Penyelenggaraan pendidikan di ITK Buton mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang kelautan. Jadi, dalam pembelajaran praktik lapangan ITK Buton memanfaatkan kawasan pesisir di Pasarwajo, Buton, salah satunya perairan Banabungi.

"Dalam pembelajaran kami ada praktik dalam lab dan lapangan. Biasanya jurusan akuakultur dan perikanan tangkap yang banyak praktik lapanganya. Kami juga pernah melakukan praktik bedah ikan," ucap salah satu tenaga pengajar di  ITK Buton, Aslan.

Baca Juga: Tak Harap Penghasilan Suami, Wanita Tuna Rungu Wicara Berjualan Keliling

Para mahasiwa yang kuliah di ITK Buton merasa nyaman dan tidak memiliki kendala dalam belajar. Pembelajaran yang efesien dan praktik lapangan yang menyenangkan, menjadi salah satu hal mereka nyaman kuliah di kampus itu, meskipun terbilang baru.

Menurut salah satu mahasiswa dari program studi bioteknologi, Ayu mengaku, tidak mengalami kendala belajar di kampus. Ia merasa nyaman karena merasa sesuai dengan passionya di bidang sains.

"Kami di kelas sebanyak dua puluh orang. Selama ini kami tidak memiliki kendala dalam belajar, semua terfasilitasi, selain itu saya sebagai salah satu penerima beasiswa sultra cerdas," ucapnya.

ITK Buton juga membuka beasiswa bagi calon mahasiswa yang tidak mampu, yaitu beasiswa Sulawesi Tenggara cerdas. (A)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga