Intensitas Hujan Tinggi, Ribuan Rumah di Kalsel Terbawa Arus

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Jumat, 15 Januari 2021
0 dilihat
Intensitas Hujan Tinggi, Ribuan Rumah di Kalsel Terbawa Arus
Ribuan rumah di Kalimantan Selatan, Kabupaten Banjar, terendam banjir. Foto: Ist

" Bahkan sejumlah rumah terendam banjir hingga terbawa arus. Kondisi ini pun membuat beberapa kabupaten di daerah tersebut semakin parah. "

BANJAR, TELISIK.ID - Akibat intensitas hujan yang sangat tinggi, mengakibatkan banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) semakin meluas.

Bahkan sejumlah rumah terendam banjir hingga terbawa arus. Kondisi ini pun membuat beberapa kabupaten di daerah tersebut semakin parah.

Seperti dalam video yang diunggah akun youtube @wargabanua pada Kamis (14/1/2021) tampak arus banjir yang sangat kuat meluluhlantakkan rumah warga di Kecamatan Amatan Astambul, Kabupaten Banjar, Kalsel.

Dalam video itu terlihat ketinggian air mencapai dua hingga tiga meter.

Selain itu, dikutip Telisik id melalui CNN Indonesia, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel Mujiyat mengatakan, kondisi terparah masih terjadi di dua kabupaten yaitu Banjar dan Tanah Laut.

"Sejak tadi malam hingga sepanjang siang hari ini hujan masih mengguyur dengan intensitas cukup tinggi, sehingga debit air tak menyurut bahkan terus meninggi," kata dia di Martapura.

Ribuan rumah di 10 kecamatan terdampak banjir di Kabupaten Banjar. Dimana Kecamatan Pengaron, salah satu yang terparah dengan ketinggian airnya mencapai dua hingga tiga meter.

Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa dan proses evakuasi masih berlangsung dari bencana banjir yang terjadi.

"Kami ingatkan masyarakat agar mau dievakuasi karena kondisi banjir saat ini belum ada tanda-tanda surut lantaran hujan yang terus terjadi," tegasnya. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga