Intip Profil Mantan Ketua KPU Sulawesi Tenggara, La Ode Abdul Natsir

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 26 Desember 2023
0 dilihat
Intip Profil Mantan Ketua KPU Sulawesi Tenggara, La Ode Abdul Natsir
La Ode Abdul Natsir (kiri) dan suasana duka di kediaman almarhum (kanan). Foto: Kolase

" La Ode Abdul Natsir lahir di Pola, Muna Timur, 7 Januari 1973. Ia menempuh jenjang pendidikan formalnya di SDN 2 Pure tamat 1986, kemudian lanjut SMPN 3 Raha tamat 1989 dan SMA 2 Baubau 1992 "

KENDARI, TELISIK.ID - Suasana duka nampak menyelimuti kediaman mantan Ketua KPU Sulawesi Tenggara, La Ode Abdul Natsir. Ia dinyatakan meninggal dunia pada Senin (25/12/2023) tengah malam, setelah sebelumnya sempat dilarikan ke rumah sakit dan sempat mendapatkan perawatan.  

La Ode Abdul Natsir merupakan pria kelahiran Pola, Muna Timur, 7 Januari 1973. Ia menempuh jenjang pendidikan formalnya di SDN 2 Pure tamat 1986, kemudian lanjut SMPN 3 Raha tamat 1989 dan SMA 2 Baubau 1992.

Setelah tamat SMA, Ia melanjutkan pendidikan di Universitas Halu Oleo (UHO) pada Fakultas Ekonomi S-1 Manajemen alumni pada 2000 dan melanjutkan kembali ke Studi Program Magister (S2), tepatnya di Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung alumni 2005.

La Ode Abdul Natsir masih sempat melanjutkan program Doktoral (S3) Manajemen di UHO alumni tahun 2015, dan di tahun 2018 ia mendaftarkan diri ke KPU Sulawesi Tenggara dan terpilih menjadi ketua pada periode 2018-2023 yang dilantik pada Kamis 24 Mei 2018 silam. Ia juga menjadi dosen di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHO.

Dari pantauan Telisik.id di kediaman almarhum, nampak tahlilan dan keluarga besar datang melayat dan turut mendoakan sang istri dan keluarga yang ditinggalkan, serta beberapa nampak menyalami dan memberikan pelukan hangat untuk sang istri.

Baca Juga: Begini Suasana Rumah Duka Mendiang Mantan Ketua KPU Sulawesi Tenggara La Ode Abdul Natsir

Suara khidmat lantunan ayat suci Al-Qur'an dilantunkan, di sisi lain nampak keluarga besar berusaha tegar dan tetap tersenyum menyambut tamu yang datang. Beberapa anggota KPU Sulawesi Tenggara terlihat memenuhi ruangan serta karangan bunga belasungkawa. Namun, meski sang istri nampak tegar dan sesekali menyeka air mata, terlihat sang anak beberapa kali menangis.

Anggota KPU dari Kabupaten Kolaka juga terlihat menyambangi rumah almarhum. Suasana duka masih menyelimuti rumah almarhum hingga saat ini. La Ode Abidin, adik ipar almarhum menuturkan, sangat terkejut dengan berpulangnya sang kakak.

"Kami sekeluarga sangat terkejut dan terpukul bahkan tak pernah menyangka beliau meninggal karena penyakit," tuturnya pada Telisik.id, Selasa (26/12/2023).

Baca Juga: Keluarga Ungkap Penyebab Mantan Ketua KPU Sultra Laode Abdul Natsir Meninggal Dunia

Ia juga menyebut, selama ini sang kakak tak memiliki riwayat penyakit turunan. Tapi Ia membenarkan jika almarhum sempat jatuh sakit. Sementara itu penuturan seorang ponakan, Mirati, almarhum sempat dilarikan ke rumah sakit karena ada infeksi pada hati dan liver. Ia juga sesekali nampak menangis dan menyeka airmata.

Keluarga dan rekan kerja mengenal almarhum Abdul Natsir sebagai sosok yang rendah hati, sabar, dan sopan santun. la selalu menyisihkan waktunya untuk mendengarkan masukan dari anggota komisi, staf, atau siapa pun yang membutuhkan bantuannya.

Rencananya, almarhum akan dimakamkan selepas Ashar di TPU Punggolaka. Almarhum meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak, anak tertuanya baru berumur 17 tahun. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga