Intip Rahasia Umur Panjang Ala Orang Jepang

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 06 Juli 2023
0 dilihat
Intip Rahasia Umur Panjang Ala Orang Jepang
Harapan hidup rata-rata di Jepang sekitar 85,3 tahun. Foto: Okezone.com

" Ahli nutrisi Jepang, Michiko Tomioka, menyebut resep umur panjang warga Jepang adalah pola dan pilihan makanan yang teratur "

KENDARI, TELISIK.ID - Menurut sebuah penelitian, orang Jepang hidup lebih lama daripada orang di negara lain di dunia (nomor dua setelah warga Monako).

Mengutip Liputan6.com, harapan hidup rata-rata di Jepang sekitar 85,3 tahun. Sebagai perbandingan, orang Amerika, rata-rata, hidup hingga 80 tahun.

Ahli nutrisi Jepang, Michiko Tomioka, menyebut resep umur panjang warga Jepang adalah pola dan pilihan makanan yang teratur.

"Ibu saya, seorang penyintas kanker, berusia 86 tahun (masih hidup), dan bibi saya masih kuat di usia 98 tahun," ujarnya dikutip dari Cnbcindonesia.com.

Secara khusus, Tomioka menyarankan bahwa jika ingin berumur panjang, seseorang harus mengkonsumsi makanan yang memiliki khasiat obat.

Baca Juga: Hilangkan Flek Hitam dengan Gula Pasir, Begini Caranya

Berikut ini rahasia umur panjang ala orang jepang dikutip dari Cnbcindonesia dan Liputan6.com:

1. Diet tradisional Jepang yang sehat dan seimbang

Makanan khas Jepang kaya akan biji-bijian dan sayuran dan orang-orang di sana tidak makan daging merah sebanyak yang mereka makan di Amerika Serikat atau Eropa Barat.

Daging merah memiliki lebih banyak kolesterol daripada ikan, yang memberi seseorang peluang lebih tinggi terkena serangan jantung dan stroke.

Selain itu, orang Jepang tidak makan banyak produk susu (yang merupakan sumber lemak jenuh yang dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan Alzheimer), memiliki piring yang lebih kecil, dan banyak minum teh hijau sebagai pengganti kopi juga merupakan rahasia mereka.

2. Sereal atau sarapan manis

Saat sedang terburu-buru dan tidak punya waktu untuk makan di pagi hari, banyak orang lebih memilih cara simpel seperti menuangkan sereal dari kotak dan menuangkan susu di atasnya.

Padahal, sereal memiliki banyak gula di dalamnya dan dapat menyebabkan masalah dengan tekanan darah, penambahan berat badan, peningkatan peradangan, dan berisiko terkena diabetes.

Alternatif sarapan sehat dari Michiko adalah natto alias kacang kedelai fermentasi ala Jepang. Namun untuk lidah orang Indonesia natto mungkin kurang cocok. Ada baiknya jika diganti dengan makanan sehat lain seperti arem-arem atau bubur.

3. Keju

Produk susu seperti keju merupakan sumber kalsium dan protein yang baik, tetapi tidak semua produk keju memberi Anda manfaat kesehatan terbaik.

"Saya cenderung menghindari keju krim karena merek konsumen paling populer hanya memberi Anda sekitar lima gram protein. Dan hanya satu ons saja dapat mengandung 27 miligram kolesterol," tutur Michiko.

Baca Juga: Tradisi Seks Massal di Gunung Kemukus Sragen

Michiko sendiri lebih mengkonsumsi selai beraroma favorit khas Jepang bernama kinako, yang terbuat dari tepung kedelai dan pasta wijen.

4. Tidak makan sampai kenyang

Hara hachi bu berarti makan sampai kenyang. Itu adalah filosofi Konfusianisme yang mengajarkan seseorang untuk menghindari makan berlebihan dan makan sampai Anda 80 persen kenyang.

Penulis The Okinawa Program: How the Longest-Lived People Achieve Everlasting Health And How You Can Too, Bradley, Craig Wilcox dan Makoto Suzuki, menyarankan bahwa metode ini dapat memperpanjang usia harapan hidup lansia dengan membatasi jumlah kalori yang dikonsumsi. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga