Warga Indonesia Peringkat Teratas Paling Malas Jalan Kaki Sedunia

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 18 Juli 2022
0 dilihat
Warga Indonesia Peringkat Teratas Paling Malas Jalan Kaki Sedunia
Rutin berjalan kaki setiap hari adalah aktivasi yang baik bagi kesehatan. Foto: Repro Desentral.news

" Fakta bahwa warga Indonesia dinyatakan sebagai orang paling malas jalan kaki sedunia, terungkap dalam studi Universitas Stanford yang inovatif dan muncul di jurnal sains Nature "

JAKARTA, TELISIK.ID – Berjalan kaki setiap hari adalah aktivitas yang sangat baik untuk menjaga kesehatan. Namun warga Indonesia dinyatakan sebagai orang paling malas jalan kaki sedunia.

Melansir okezone.com, fakta bahwa warga Indonesia dinyatakan sebagai orang paling malas jalan kaki sedunia ini terungkap dalam studi Universitas Stanford yang inovatif dan muncul di jurnal sains Nature.

Dengan menggunakan data yang diambil dari smartphone, penelitian ini menganalisis kebiasaan 717.000 pria dan wanita dari 111 negara, yang langkah-langkah kakinya dipelajari selama rata-rata 95 hari.

Penelitian yang dilakukan sekitar 2017 ini menemukan bahwa orang-orang di Hong Kong menempati urutan teratas dalam hal jumlah langkah per hari. Di mana penduduknya mencatat 6.880 langkah sehari.

Di ujung lain spektrum, orang paling malas di dunia adalah orang Indonesia yang berada di posisi terbawah, dengan rata-rata 3.513 langkah per hari.

Baca Juga: Yuk, Lakukan 4 Hal Bermanfaat Ini Saat Weekend di Rumah

Sementara itu, dikutip dari pramborsfm.com, seorang profesor bioteknologi yang merupakan salah satu peneliti studi ini, Scott Delp mengatakan, penelitian ini menggunakan skala besar, karena memang hampir melibatkan seluruh orang di dunia, juga menggunakan survei kesehatan.

Jika Indonesia menjadi negara nomor satu dengan penduduk yang paling malas jalan kaki, Hongkong justru sebaliknya.

Di mana penduduk Hongkong menempati urutan teratas dalam hal jumlah langkah harian, dengan rata-rata warganya berjalan 6.880 langkah setiap hari.

"Sebagai perbandingan, Hong Kong adalah negara yang paling aktif, dengan warganya berjalan kaki rata-rata 6.880 langkah per hari, dibandingkan dengan rata-rata 3.513 di Indonesia," ujar Scott Delp, dilansir dari Standard, pada Kamis (14/7/2017).

Aktivitas jalan kaki merupakan salah satu aktivitas yang berkaitan dengan kesehatan, wajar jika Indonesia menjadi negara yang memiliki tingkat obesitas lebih tinggi, selaras dengan hasil studi sebagai negara paling malas jalan kaki.

Selain Indonesia, negara-negara lain yang dicap sebagai negara Paling malas jalan kaki, yakni Arab Saudi (3.807 langkah), Malaysia (3.963 langkah), Filipina (4.008 langkah), Afrika Selatan (4.105 langkah).

Baca Juga: Sinopsis Incantation, Film Horor Kisah Nyata Bertema Sekte

Sementara itu, negara dengan jumlah langkah harian terbanyak selain Hongkong adalah China (6.189 langkah), Ukraina (6.107 langkah), Jepang (6.010 langkah), Rusia (5.969 langkah).

Jadi sangat disayangkan jika masyarakat malas berjalan kaki. Pasalnya, menurut Asosiasi Jantung Amerika seperti dikutip dari kemkes.go.id, berjalan kaki sama efektifnya seperti berlari dalam hal pencegahan penyakit jantung dan stroke.

Aktivitas satu ini membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol serta memperlancar sirkulasi darah. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga