Intip Ranking FIFA Tim Peserta Piala AFF 2022

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 17 Desember 2022
0 dilihat
Intip Ranking FIFA Tim Peserta Piala AFF 2022
Peringkat Skuad Timnas Indonesia naik di bawah asuhan Shin Tae-yong menjelang Piala AFF 2022. Foto: Repro Kompas.com

" Thailand sebagai juara bertahan tentu masih menjadi favorit terdepan. Namun, kali ini mereka tidak akan diperkuat sang bintang, Chanathip Songkrasin "

JAKARTA, TELISIK.ID - Siapa yang tak mengenal AFF Championship atau Piala AFF yang merupakan ajang pertandingan sepak bola antar negara ASEAN.

Mengutip Kompaspedia.kompas.id, AFF Championship atau biasa disebut Kejuaraan Piala AFF merupakan turnamen sepak bola dari negara-negara anggota Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) yang diselenggarakan dua tahun sekali.

Kejuaraan yang melibatkan tim nasional sepakbola senior anggota AFF ini pertama kali diselenggarakan pada 1996 di Singapura.

Dilansir dari Bola.net, Thailand sebagai juara bertahan tentu masih menjadi favorit terdepan. Namun, kali ini mereka tidak akan diperkuat sang bintang, Chanathip Songkrasin ini karena tidak diizinkan oleh klubnya mengingat jadwal laga klub yang padat.

Selain Thailand, ada Timnas Vietnam yang keluar ke permukaaan. The Golden Stars mengalami perkembangan yang membanggakan dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Prediksi Piala Dunia 2022: Prancis vs Argentina

Timnas Vietnam bahkan terus mempertahankan statusnya sebagai tim Asia Tenggara. Dalam peringkat terkini FIFA, tim asuhan Park Hang-seo menempati posisi ke-96

Dikutip dari Sportstars.id, semenjak kedatangan Shin Tae-yong, Skuad Garuda naik 21, posisi yang mulanya 173 kini sudah 152. Hal ini yang membuat Indonesia terus naik sukses memenangkan laga agenda FIFA.

Hal menarik yang akan tersaji dalam Piala AFF 2022 yakni kembalinya Brunei Darussalam usai langganan absen sejak 1996. Mereka berhasil lolos kualifikasi Piala AFF dengan mengalahkan Timor Leste yang berlangsung dua leg.

Berikut daftar ranking FIFA Tim peserta Piala AFF 2022 yang dilansir dari Sportstars.id.

Daftar Ranking FIFA Tim Peserta Piala AFF 2022

Vietnam (96)

Thailand (111)

Filipina (133)

Malaysia (146)

Indonesia (152)

Myanmar (158)

Singapura (160)

Kamboja (177)

Laos (187)

Brunei Darussalam (190)

Adapun pembagian grup Piala AFF 2022 adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Prancis Duel Argentina di Final

Grup A

Thailand

Filipina

Indonesia

Kamboja

Brunei Darussalam

Grup B

Vietnam

Malaysia

Singapura

Myanmar

Laos. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga