Ishak Ismail Tegaskan Kader PDIP Belum Tentu Diusung di Pilwali Kendari

Kardin, telisik indonesia
Jumat, 26 April 2024
0 dilihat
Ishak Ismail Tegaskan Kader PDIP Belum Tentu Diusung di Pilwali Kendari
Ketua DPC PDIP Kendari, Ishak Ismail mengungkapkan, seorang kader belum tentu diusung di Pilwali Kendari. Foto: Kardin/Telisik

" Sebanyak sepuluh nama, Bakal Calon (Balon) Wali Kota dan dua Wakil Wali Kota Kendari mendaftar ke DPC PDIP Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak sepuluh nama, Bakal Calon (Balon) Wali Kota dan dua Wakil Wali Kota Kendari mendaftar ke DPC PDIP Kota Kendari.

Calon kandidat Balon Wali Kota Kendari yang mendaftar dan telah mengembalikan berkas pendaftaran ke PDIP, diantaranya Ketua DPC PDIP, Ishak Ismail, Aksan Jaya Putra (AJP) kader Golkar, Siska Karina Imran (SKI) kader NasDem, Abdul Razak kader PPP.

Lalu ada Sitya Giona Nur Alam kader NasDem, Yudhianto Mahardika kader Gerindra, Afdal kader Perindo, Asmawa Tosepu, Tri Febrianto, dan Abdul Rahman. Sedangkan Balon Wakil Wali Kota, Andi Sulolipu kader PDIP, dan Saharuddin.

Baca Juga: Ratusan Masyarakat Kawal Pengembalian Formulir Balon Bupati Kolaka Timur Arwin Labatamba

"Proses pendaftaran dan pengembalian berkas pendaftaran kita sudah tutup sejak 25 April 2024 kemarin," ucap Ishak Ismail, Jumat (26/4/2024).

Selanjutnya kata Ishak Ismail, tim penjaringan akan melaksanakan rapat pleno penetapan hasil penjaringan Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari dalam waktu dekat.

Setelah itu, DPC PDIP Kota Kendari kemudian meneruskan hasil pleno penetapan tersebut ke DPP PDIP. Adapun tahapan berikutnya, ada di ranah DPP.

"Sepuluh balon dan dua wakil yang kembalikan berkas. Usai kita laksanakan pleno dalam waktu dekat ini, kami akan teruskan ke DPP," jelasnya.

Untuk penerbitan rekomendasi menjadi hak DPP PDIP. Namun, sebelum itu DPP akan lebih dulu melakukan survei terhadap 12 nama, baik Balon Wali Kota maupun Wakil Wali Kota Kendari yang sudah melalui tahapan penjaringan di tingkat daerah.

"DPP akan turunkan salah satu dari 12 lembaga survei yang dianggap layak," ujar Ishak.

Soal kriteria DPP PDIP memilih atau menjatuhkan pilihannya untuk memberikan rekomendasi salah satu dari 12 nama, figur itu harus memiliki elektabilitas, popularitas tinggi, dan finansial.

"Tapi semuanya kembali ke DPP untuk bagaimana menstimulankan," tukasnya.

Meski demikian, Ishak Ismail menerangkan, bakal calon yang akan diusung tidak harus kader PDIP, non kader juga memiliki peluang yang sama. Semua menjadi hak DPP PDIP yang bakal diusung kedepannya.

"Kader juga belum tentu akan diusung DPP PDIP nantinya. Semua ada kriterianya," bebernya.

Baca Juga: Sektor Ekonomi jadi Program Unggulan Aksan Jaya Putra Bangun Kota Kendari

Senada dengan itu, Ketua Tim Penjaringan DPC PDIP Kendari, La Ode Saimin menerangkan, dari 12 kandidat yang mengembalikan formulir pendaftaran tersebut, ada dua kader PDIP, yakni Ishak Ismail dan Andi Sulolipu, 10 lainnya merupakan non kader PDIP.

"Sebelum kita kirim ke DPP PDIP, kita akan plenokan dulu yang 12 nama itu," ujar Saimin.

Untuk diketahui, DPC PDIP Kota Kendari, berhasil mengukuhkan lima kursi di Pemilu 2024 lalu. Sementara syarat pengusungan calon Wali Kota dan Wali Kota Kendari, memiliki syarat minimal tujuh kursi. (B)

Penulis: Kardin

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga