Iwan Rompo Terpilih Ketua Bawaslu Sulawesi Tenggara

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Senin, 17 April 2023
0 dilihat
Iwan Rompo Terpilih Ketua Bawaslu Sulawesi Tenggara
Lima Komisioner Bawaslu Sulawesi Tenggara usai mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah masa jabatan 2023-2028 di ruang rapat lantai 5 kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat. Foto: Ist.

" Sebelum ada kesepakatan, ada 3 nama calon ketua yang muncul dalam diskusi yang panjang itu, Iwan Rompo Banne, Indra Eka Putra dan Bahari "

KENDARI, TELISIK.ID - Iwan Rompo Banne yang menjabat anggota KPU Sulawesi Tenggara untuk periode kedua, memiliki catatan gemilang saat masuk 14 besar anggota KPU RI masa jabatan 2022-2027.

Selain pengalaman kepemiluan yang matang, pria yang akrab disapa Irom ini juga dikenal sebagai pribadi yang bersahaja dan terbuka.

Iwan Rompo Banne bersama empat anggota Bawaslu Sulawesi Tenggara yakni Bahari, Darma, Heri Iskandar dan Indra Eka Putra, telah mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah atau janji anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara masa jabatan 2023-2028 di ruang rapat lantai 5 kantor Bawaslu Jakarta, pada Sabtu (15/4/2023).

Baca Juga: Ada Feri Gratis di Penyeberangan Maligano-Raha

Meski belum ada ketetapan resmi siapa Ketua Bawaslu Sulawesi Tenggara masa jabatan 2023-2028, namun berdasarkan informasi yang beredar, Iwan Rompo Banne diprediksi bakal jadi ketua.

Saat dikonfirmasi lewat telepon selulernya, Iwan Rompo mengatakan, penetapan Ketua Bawaslu Sulawesi Tenggara melalui jalur pleno.

"Nanti minta tanggapan Bu Darma sebagai yang disepakati dipleno untuk menyampaikan kepada rekan-rekan media," ujarnya.

Usai dilantik, kelima anggota Bawaslu Sulawesi Tenggara bersama anggota Panwaslih Provinsi Aceh juga diagendakan mengikuti orientasi kelembagaan yang digelar di salah satu hotel di Jakarta.

Sementara anggota Bawaslu Sulawesi Tenggara, Darma mengatakan, setelah pelantikan Bawaslu Sulawesi Tenggara 15 April 2023 di kantor Bawaslu, komisioner terpilih dan terlantik mulai berdiskusi  tentang kelembagaan Bawaslu Sulawesi Tenggara, butuh waktu yang cukup panjang dan penuh dinamika dalam rapat pleno untuk merumuskan berbagai persoalan dan tantangan Bawaslu ke depan.

"Alhamdulillah tanggal 17 April 2023, lima komisioner akhirnya menemukan kesepakatan secara musyawarah mufakat menyetujui Iwan Rompo Banne sebagai Ketua Bawaslu Sulawesi Tenggara periode 2023-2028," ujarnya.

Ia juga menambahkan, sebelum ada kesepakatan, ada 3 nama calon ketua yang muncul dalam diskusi yang panjang itu, Iwan Rompo Banne, Indra Eka Putra dan Bahari.

Untuk diketahui, Iwan Rompo Banne merupakan anggota KPU Provinsi Sulawesi Tenggara 2 periode. Sedangkan Bahari anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara incumbent, Darma anggota Bawaslu Kabupaten Bombana, Heri Iskandar panwascam di Kota Kendari, sedangkan Indra Eka Putra merupakan anggota Bawaslu Kabupaten Konawe.

Dilansir dari JPNN.com diketahui Iwan Rompo semenjak berusia 20 tahun sudah terlibat aktif di Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP). Sehingga dalam keterlibatan kepemiluan, sepak terjangnya sudah tidak diragukan lagi.

Baca Juga: Ratusan Warga Kota Kendari Dapat Paket Bantuan Jelang Lebaran

Tak hanya itu, selama menyandang status mahasiswa, Irom aktif di dunia organisasi kemahasiswaan. Tidak hanya di lembaga internal kampus tapi juga ekternal. Tahun 1998-1999 menjabat Sekum BPM FISIP Unhalu, kemudian terpilih sebagai Ketua Umum SM FISIP Unhalu.

Sementara keanggotaannya di KPU Provinsi Sulawesi Tenggara sudah berjalan dua periode yaitu periode 2013-2018 dan 2018-2023.

Sementara Ketua Tim Seleksi Bawaslu Sulawesi Tenggara, Haslita mengatakan, untuk penetapan Ketua Bawaslu Sulawesi Tenggara, akan melewati proses pleno dengan melibatkan anggota Bawaslu yang baru saja dilantik oleh Ketua Bawaslu RI. (A)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga