Sangat Mudah Ditemukan di Sekitar Kita, Ini 4 Obat Alami Asam Urat

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 11 Juli 2022
0 dilihat
Sangat Mudah Ditemukan di Sekitar Kita, Ini 4 Obat Alami Asam Urat
Dandelion merupakan salah satu obat alami asam urat yang jarang diketahui oleh banyak orang. Foto: Repro republika.co.id

" Selain sering dijadikan bumbu dapur, beberapa bahan alami juga bisa ditanam sendiri untuk dijadikan obat asam urat "

KENDARI, TELISIK.ID - Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebakan nyeri tak tertahankan, pembengkakan dan rasa panas di persendian.

Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Bagi Anda yang ingin melakukan pengobatan alami, Anda bisa mencoba beberapa bahan herbal berikut ini. Selain sering dijadikan bumbu dapur, beberapa bahan ini juga bisa ditanam sendiri guna mengonsumsinya dengan lebih intens.

Melansir dari hellosehat.com, obat yang terbuat dari bahan alami dianggap lebih aman untuk mengatasi penyakit, seperti asam urat, karena minim risiko efek samping. Perlu diingat pula, tidak disarankan untuk menggunakan obat herbal sebagai satu-satunya pengobatan asam urat.

Pasalnya, bahan alami ini bukanlah obat paten yang pasti menyembuhkan asam urat. Adapun fungsinya hanya sebagai terapi komplementer atau tambahan, yang digunakan untuk meredakan gejala dan meningkatkan kesehatan tubuh secara holistik.

Berikut ini beberapa contoh obat herbal yang sudah pernah diteliti secara medis manfaatnya untuk asam urat.

1. Jahe

Dikutip dari merdeka.com, jahe berasal dari tanaman akar berbunga, ditemukan pertama kali di Asia Tenggara, rempah-rempah telah digunakan dalam praktik pengobatan Timur sejak abad ke-9, dan juga merupakan makanan pokok masakan Asia, India, dan Karibia.

Baca Juga: Ini Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol Usai Makan Daging Kurban, Dijamin Ampuh

Ahli diet Candace O'Neill RD, LDN, mengatakan, jahe tidak hanya mengandung vitamin C, magnesium dan potasium, tetapi juga memberikan banyak manfaat kesehatan seperti pereda sakit, meningkatkan regulasi gula darah mengurangi rasa mual, menurunkan kolesterol, dan menghambat pertumbuhan bakteri.

2. Seledri

Dilansir dari kesehatan.kontan.co.id, seledri biasanya digunakan untuk mengatasi masalah saluran kencing, namun selederi juga bisa untuk mengobati asam urat. Meski penelitian ilmiah yang mendukungnya masih sedikit, seledri diperkirakan mampu meredakan peradangan. Tidak diketahui seberapa banyak seledri yang harus dikonsumsi untuk mengobati asam urat. Cobalah konsumsi banyak seledri setiap hari, terutama batang seledri mentah. Selain dimakan langsung, seledri bisa juga dibuat jus. 

3. Dandelion

Baca Juga: Selain Atasi Dehidrasi, Ini 5 Manfaat Minum Air Kelapa saat Haid

Teh dandelion atau ekstrak dandelion bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan hati dan ginjal. Teh dandelion dapat menurunkan kadar asam urat pada orang yang berisiko mengalami cedera ginjal.

4. Brotowali

Melansir hellosehat.com, sebuah studi dari Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry pada 2017, ekstrak jus batang brotowali dapat menjadi obat herbal alami untuk asam urat. Pasalnya, brotowali diyakini dapat membantu menetralkan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Selain itu, penelitian pada 2014 dari Journal Clinical and Evaluation Research menunjukkan brotowali dapat menjadi tumbuhan obat pereda nyeri alami untuk serangan asam urat setelah diuji coba pada tikus. Namun, penelitian ini belum dilakukan pada manusia. Konsultasikan ke dokter untuk penggunaan lebih lanjut. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga