Jelang Beberapa Jam Pencoblosan, Muna Diguncang Gempa

Musdar, telisik indonesia
Selasa, 08 Desember 2020
0 dilihat
Jelang Beberapa Jam Pencoblosan, Muna Diguncang Gempa
Ilustrasi garafik guncang gempa pada satu wilayah. Foto: Repro Tribunnews.com

" Hasil analisa BMKG menunjukkan informasi gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo 3.2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.68 LS, 122.67 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 17.9 km, Barat Laut Raha Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 5 km. "

KENDARI, TELISIK.ID - Jelang beberapa jam pencoblosan di Pilkada yang dilaksanakan besok, Rabu (9/12/2020), gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 3,2 mengguncang wilayah Kabupaten Muna.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia mengatakan, gempa terjadi hari ini, Selasa (8/12/2020) pada pukul 20:57: 43 Wita di sebelah Barat Laut Raha.

"Hasil analisa BMKG menunjukkan informasi gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo 3.2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.68  LS, 122.67 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 17.9 km, Barat Laut Raha Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 5 km," ungkapnya.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, lanjut Rosa Amelia dalam keterangannya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Buton Segmen A di Barat Laut Raha.

Baca juga: 15 Ribu Petugas KPPS di Jatim Reaktif COVID-19

''Guncangan gempa bumi ini dilaporkan telah dirasakan di Raha dengan Intensitas III MMI (Getaran dirasakan oleh banyak orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.)," jelasnya.

Sementara itu, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

"Hingga pukul 21.20 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan," tutupnya.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (C)

Reporter: Musdar

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga