Jelang Nataru, Polisi Amankan Gereja dan Dirikan Pos Pengamanan di Kota Baubau

Elfinasari, telisik indonesia
Minggu, 24 Desember 2023
0 dilihat
Jelang Nataru, Polisi Amankan Gereja dan Dirikan Pos Pengamanan di Kota Baubau
Sterlisasi gereja dan sejumlah pos pengamanan didirikan di Kota Baubau jelang nataru. Foto: Ist.

" Guna menjamin pelaksanaan ibadah Natal tahun 2023 yang aman dan khidmat, dilaksanakan sterilisasi gereja yang ada di Kota Baubau "

BAUBAU, TELISIK.ID - Guna menjamin pelaksanaan ibadah Natal tahun 2023 yang aman dan khidmat, dilaksanakan sterilisasi gereja yang ada di Kota Baubau, Minggu (24/12/2023).

Sterilisasi gereja-gereja ini dilakukan sebelum berlangsungnya kegiatan ibadah malam Natal 2023. Sterilisasi dilakukan oleh Tim Sat Samapta, Sat Reskrim dan Sat Intelkam Polres Baubau.

Dalam kegiatan sterilisasi, tim melakukan penyisiran ke setiap sudut bangunan baik di dalam maupun luar ruangan, dengan menggunakan alat metal detector dan mirror detector di antaranya Gereja GPIB Imanuel, Gereja Katholik Santo Paulus, dan Gereja Gepsultra Lelemangura.

Kapolres Baubau, AKBP Bungin Masokan Misalayuk menuturkan, pihaknya telah mengerahkan tim untuk melakukan sterilisasi di gereja-gereja menjelang ibadah malam Natal dan ibadah Natal 2023.

Baca Juga: Simulasi Pemilu 2024 di Kota Baubau Upaya Antisipasi Masalah dan Peningkatan Kapasitas

“Sterilisasi di gereja-gereja ini dilakukan demi keamanan dan kenyamanan umat Nasrani pada perayaan Natal tahun 2023,” tuturnya.

Diketahui, dalam pengamanan ibadah Natal 2023 dan tahun baru (Nataru) 2024, Polres Baubau telah mendirikan sejumlah pos yang meliputi pos pengamanan Gereja GPIB Imanuel, Gereja Katholik Santo Paulus, Gereja Gepsultra Lelemangura, Gereja Bethani Umna Wolio Plaza, Gereja GKKA Indonesia, Gereja Kasamea Sorawolio, Gereja GPDI Karmel Liabuku, Gereja Mohelana Liabuku, pos PAM Lippo Plaza Baubau.

Pada perayaan Nataru yang berbarengan dengan tahapan kampanye, Kapolres Baubau juga mengimbau agar seluruh masyarakat bersama-sama menjaga kamtibmas.

Baca Juga: Sepanjang 2023 Kota Baubau Rehabilitasi Puluhan Pecandu Narkoba

“Mari kita bersama-sama menjaga kamtibmas dan menjaga kerukunan antar umat beragama,” katanya.

Kemudian, Pos Pelayanan Pelabuhan Murhum Baubau dan Pos Pelayanan Bandara Betoambari serta Pos Terpadu Pantai Kamali. Selain mendirikan pos pengamanan di gereja-gereja, Polres Baubau juga menempatkan personel untuk mengamankan setiap pelaksanaan kegiatan ibadah Natal di gereja-gereja.

Kasi Humas Polres Baubau, Iptu Abdul Rahmad menyampaikan, perayaan Natal dapat dilaksanakan dengan aman, nyaman, dan khidmat.

Masyarakat juga diingatkan untuk merayakan malam tahun baru 2024 dengan tidak berlebihan, tidak melakukan konvoi kendaraan bermotor, dan bersama-sama menjaga kondusifitas kamtibmas. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga