Pemilik Akun Saryul Izatu Oknum ASN Muna Barat, Terbukti Langgar Netralitas

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 06 Februari 2024
0 dilihat
Pemilik Akun Saryul Izatu Oknum ASN Muna Barat, Terbukti Langgar Netralitas
Ketua Bawaslu Muna Barat, Awaluddin Usa mengatakan, setelah dilakukan beberapa tahapan pemeriksaan terhadap pemilik akun Facebook Saryularyul Izatu serta beberapa saksi, oknum ASN itu diputuskan melanggar netralitas ASN. Foto: Ist.

" Setelah diplenokan, oknum ASN Muna Barat dinyatakan terbukti melanggar netralitas dan akan direkomendasikan ke KASN "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Setelah diplenokan, oknum ASN Muna Barat dinyatakan terbukti melanggar netralitas dan akan direkomendasikan ke KASN.

Ketua Bawaslu Muna Barat, Awaluddin Usa mengatakan, setelah dilakukan beberapa tahapan pemeriksaan terhadap pemilik akun Facebook Saryularyul Izatu serta beberapa saksi, maka pihaknya telah memutuskan melalui rapat pleno.

"Hasil kajian Bawaslu Muna Barat saudara Izatul diduga melakukan pelanggaran netralitas ASN," tegasnya.

Oknum ASN Dinas Kominfo Muna Barat itu dianggap menunjukkan keberpihakan kepada salah satu calon presiden dan wakil presiden melalui postingan salah satu sosial media yaitu Facebook.

"Besok kami akan sampaikan ke KASN," ujarnya via WhatsApp, Selasa (6/2/2024).

Baca Juga: Pj Gubernur dan ASN Tak Netral di Pemilu 2024 akan Disanksi

Sementara itu, salah satu saksi, Hasan Jufri membenarkan bahwa ia turut berkomentar di postingan akun Facebook tersebut. Sehingga pihak Bawaslu telah memanggilnya untuk memberikan beberapa keterangan mengenai dugaan pelanggaran netralitas.

"Saya telah dipanggil Bawaslu pada pekan lalu untuk memberikan keterangan terkait postingan salah satu ASN Muna Barat," ujarnya.

Jufri menyebut dalam komentar di Facebook itu ia telah memperingatkan oknum tersebut terkait netralitas ASN, namun oknum tersebut tak mengindahkan peringatannya.

Baca Juga: Ketua DPRD Kolaka Utara Ingatkan Pj Bupati Netral di Pemilu 2024

Sebelumnya, kasus itu mencuat dari postingannya di akun Saryul Izatu dengan menggunakan atribut salah satu milik Paslon yang bertuliskan: "2024 Bersama Gemoy Indonesia Akan Maju."

Kemudian, postingan itu dikomentari oleh akun milik inisial LP, "Wah ini ASN sudah nampak sekali. Katehiku bela."

Selanjutnya, oknum ASN membalas komentar "Tidak perlu ditakutkan kune karena tidak ada calon yang namanya Gemoy bosku, dan dilanjutkan dengan, "Saya pikir persoalan atribut itu sudah jelas regulasinya, apa saja yang dilarang." (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga