Sepanjang 2023 Kota Baubau Rehabilitasi Puluhan Pecandu Narkoba

Elfinasari, telisik indonesia
Sabtu, 23 Desember 2023
0 dilihat
Sepanjang 2023 Kota Baubau Rehabilitasi Puluhan Pecandu Narkoba
Ketua BNN Kota Baubau, Almasyah Djufri menjelaskan, terdapat 35 orang yang direhabilitasi rawat jalan pecandu narkoba sepanjang tahun 2023. Foto: Elfinasari/Telisik

" Sepanjang tahun 2023, Kota Baubau merehabilitasi 35 orang pecandu narkoba, terdiri dari 30 orang laki-laki dan 5 perempuan "

BAUBAU, TELISIK.ID - Sepanjang tahun 2023, Kota Baubau merehabilitasi 35 orang pecandu narkoba, terdiri dari 30 orang laki-laki dan 5 perempuan.

Ketua BNN Kota Baubau, Alamsyah Djufri menjelaskan, jumlah tersebut mengalami peningkatan di banding tahun 2022. Sementara untuk pasca rehabilitasi sebanyak 25 klien dan terealisasi 25 klien.

“Ada peningkatan sebanyak lima orang pada rehabilitasi rawat jalan, peningkatan tersebut terjadi karena ada kesadaran pada masyarakat,” tuturnya, Sabtu (23/12/2023) sore.

Dari kegiatan pemberantasan, Alamsyah menjelaskan untuk target Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika (SKHPN) sebanyak 895 layanan dan terealisasi 1.060 layanan.

Selanjutnya, Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) diberikan target 2 IBM dan terealisasi juga 2 yang terletak di Kelurahan Lanto dan Kelurahan Wale Kota Baubau.

Baca Juga: Siap-Siap, BLK akan Hadir di Kota Baubau Tahun Depan

Untuk kegiatan pemberantasan, Alamsyah merincikan, BNN Baubau diberi target Tim Asesmen Terpadu (TAT) sebanyak 5 klien dan terealisasi sebanyak 6 klien.

“Untuk Laporan Kasus Narkoba, target 1 kasus P21 dan terealisasi 2 kasus, yaitu meliputi kasus sabu 1,8 gram dan ganja 2,7 kilogram,” rincinya.

Perencana Program BNN Kota Baubau, Harun menjelaskan, hingga saat ini semua target program terealisasi 100 persen.

“Mulai dari kegiatan umum, pemberantasan, rehabilitasi hingga P2M, semuanya terealisasi bahkan melebihi target,” tuturnya.

Dikutip dari bnn.go.id, adapun 4 langkah dan cara mengatasi kecanduang narkoba yaitu:

1. Pemeriksaan

Pemeriksaan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kecanduan yang dialami dan adakah efek samping yang muncul.

Baca Juga: Victor N Lawalata Dilantik jadi PAW Anggota DPRD Baubau dari Partai Perindo

2. Detoksifikasi

Di sini pengguna harus 100?rhenti menggunakan obat-obatan berbahaya tersebut.

3. Stabilisasi

Tahapan ini bertujuan untuk membantu pemulihan jangka panjang dengan memberikan resep dokter.

4. Pengelolaan Aktivitas

Jika sudah keluar dari rehabilitasi, pecandu yang sudah sembuh akan kembali ke kehidupan normal. Diperlukan pendekatan dengan orang terdekat seperti keluarga dan teman agar mengawasi aktivitas mantan pemakai. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga